Lumajang Serius Kembangkan Kawasan Minapolitan

Lumajang Serius Kembangkan Kawasan Minapolitan Budi daya ikan di laut. foto: istimewa

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Perikanan dan Kelautan akan terus mengembangkan sejumlah Kecamatan untuk dijadikan kawasan Minapolitan.

“Terdapat dua Kecamatan yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi kawasan perikanan (minapolitan) yakni Kecamatan Tempursari dan Kecamatan Rowokangkung,” kata Kepala Bidang Budidaya Ikan Air Laut, Agus Sudarto, kemarin Senin (28/09)

Dari dua kecamatan ini, Dinas Perikanan lebih fokus Kecamatan Tempursari. Hal ini dikarenakan, di kecamatan ini lebih mendukung dari segi lokasi maupun transportasi.

"Jadi ke depan di Desa Tempurejo Kecamatan Tempursari akan dikembangkan kota ikan, di mana Minapolitan tersebut terdapat industri pengelolaan ikan dan objek wisata perikanan," ucapnya.

Ia mengatakan, program ini akan terealisasi tahun 2016 mendatang, sedangkan untuk tahun ini, sudah dilaksanakan kegiatan pengkajian kawasan, penyusunan master plan serta akan dilakukan penyusunan tata ruang wilayah di daerah tersebut.

“Sebelumnya sejumlah program juga telah kami laksanakan seperti program peningkatan kesejahteraan nelayan penyediaan sarana dan prasarana perikanan yang tujuannya untuk meningkatkan program tersebut,” terangnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO