UKW PWI Jatim Diharapkan Cetak Wartawan Sejati

UKW PWI Jatim Diharapkan Cetak Wartawan Sejati Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat, Marah Sakti Siregar saat memberikan sambutan dan pengarahan kepada peserta UKW. foto: suwandi/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketua Bidang Pendidikan Persatuan Wartawan Indonesia () Pusat, Marah Sakti Siregar menyatakan, Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar oleh Jawa Timur di Gedung Kadin Institute Surabaya, diharapkan bisa mencetak wartawan sejati. Artinya, setelah dinyatakan lulus UKW, wartawan akan memiliki skil dan kemampuan profesional.

"UKW ini ibarat ngeces batrai. Dengan penambahan kekuatan, wartawan akan lebih ptofesional serta memilki skil yang baik," ungkap Marah Sakti Siregar di hadapan peserta UKW angkatan XI 2015 Jatim.

Menurut Marah, Dewan Pers dan Pusat akan memberikan perlindungan kepada wartawan yang sudah bersertifikat dan lulus dalam UKW. Sehingga, keberadaan UKW ini nantinya mampu mencetak wartawan sejati. "Wartawan yang dilindungi adalah yang memiliki sertifikat dan profesional,” tambah dia.

Terpisah, Ketua Jawa Timur, Akhmad Munir mengatakan, safari jurnalistik ini sudah dilakukan Jatim sebanyak 6 kali. Untuk UKW angkatan ke XI kali ini telah diikuti 61 peserta yang terdiri dari 3 angkatan yakni muda, madya dan utama. Sedangkan, safari jurnalistik ini ibarat pembekalan kepada wartawan agar menjadi profesional dan memiliki skill yang mumpuni.

"Harapan kami, acara UKW ini bisa berjalan dengan baik, dan semoga peserta UKW lulus semua," jelas dia.

Sementara itu, Tri Susanto wartawan BANGSAONLINE.com dan salah satu peserta UKW, mengaku senang atas safari jurnalistik yang digelar Jatim ini. Pasalnya, selain menambah wawasan juga dapat mencetak profesi wartawan yang profesional. Dengan UKW ini, ia berharap ke depan menjadikanwartawan sejati. "Semoga saya dan peserta yang lain lulus UKW ini," harap Tri. (wan/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO