Sumenep Kekurangan 79 Polwan

Sumenep Kekurangan 79 Polwan ilustrasi

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Jumlah petugas Personel Polisi Wanita (Polwan) di internal masih belum mencukupi. Saat ini hanya sebanyak 21 Polwan yang bertugas di lingkungan Mapolres Sumenep.

Kapolres Sumenep AKBP Rendra Radita Dewayana melalui Kasubag Humas Hasanuddin mengatakan, mestinya jumlah petugas Polwan di lingkungan polres Sumenep sebanyak 100 personel. ”Kalau 100 personel baru bisa memadai,” katanya.

Mantan Kapolsek Manding itu mengatakan, idealnya jumlah Polwan di setiap Kantor Kepolisan Sektor (Polsek), minimal sebanyak dua petugas polwan. Adapun jumlah Polsek di Sumenep saat ini sebanyak 26 yang tersebar di 26 dari 27 Kecamatan.

”Dari 26 hanya baru tiga Polsek yang ada petugas Polwannya, yakni Polsek Kota, Polsek Kalianget dan Polsek Manding. Sementara 23 Polsek yang lain masih belum ada,” terangnya.

Pihaknya memprediksi kebutuhan Personel Polwan di Sumenep sangat sulit dipenuhi. Pasalnya, seleksi petugas polwan dinilai sangat ketat. Selain itu setiap tahunnya personel Polwan dipastikan ada yang pensiun, sehingga secara otomatis jumlah Polwan terus mengalami kekurangan.

Menurutnya, kekurangan petugas polwan menjadi persoalan serius. Sebab penanganan kasus kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan terhadap anak di bawah umur, sering membutuhkan penanganan yang sesuai kebutuhannya dan biasanya ditangani petugas Polwan. (fay/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO