Pilbup Situbondo Diikuti Tiga Paslon, PPP-Gerindra Usung Ra Hamid, PKB-Nasdem Usung Incumbent

Pilbup Situbondo Diikuti Tiga Paslon, PPP-Gerindra Usung Ra Hamid, PKB-Nasdem Usung Incumbent Pasangan calon Ra Hamid-Ra Fadil (naik becak) bersama ratusan pendukungnya saat mendaftar di KPU. (hadi prayitno/BANGSAONLINE)

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Menyusul Pasangan Gus Faqih-Untung yang telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam bursa calon bupati dan wakil bupati Situbondo periode 2015-2020 sehari sebelumnya, dua pasangan calon lain yakni Abdul Hamid Wahid (Ra Hamid) - Fadil Muzakki Syah (Ra Fadil) dan pasangan Dadang Wigiarto (incumbent) - Yoyok Mulyadi juga mendaftar ke KPU, Selasa sore (28/7). Hingga waktu penutupan pukul 16.00 WIB tidak ada pasangan calon lain yang mendaftar.

“Berarti sudah ada tiga pasangan calon (bupati-wabup) yang mendaftar,” kata Badrus komisioner KPU Situbondo ketika ditemui usai menerima pendaftaran kedua pasangan calon, sore tadi (28/7).

Informasi yang dihimpun menyebutkan, pasangan calon Ra Hamid-Ra Fadil yang keduanya pernah menjabat anggota DPR-RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) periode 2009-2014 diusung oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang memiliki 9 kursi di parlemen berkoalisi dengan Partai Gerindra yang memiliki 3 kursi di parlemen.

Sedangkan PKB yang memiliki 10 kursi di parlemen mengusung cabup Incumbent pasangan Dadang Wigiarto-Yoyok Mulyadi yang berkoalisi dengan Partai Nasdem yang memiliki 2 kursi di parlemen.

Sementara, pasangan Gus Faqih-Untung yang telah mendaftar sehari sebelumnya diusung oleh koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang memiliki 6 kursi parlemen dengan Partai Demokrat yang juga memiliki 6 kursi di parlemen. Sementara, Partai Golkar yang memiliki 6 kursi di parlemen, Partai Hanura yang memiliki 2 kursi dan PKS yang memiliki 1 kursi belum menyatakan sikap.

Pantauan BANGSAONLINE.com, kedua pasangan mendaftar ke KPU dengan waktu yang hampir bersamaan. Berangkat dari kantor DPC PPP, pasangan calon Ra Hamid-Ra Fadil tiba di KPU sekitar pukul 14.15 WIB dengan menaiki becak yang diikuti ratusan pendukungnya. Sepanjang perjalanan, para pendukung pasangan ini terdengan meneriakkan Shalawat Badar.

Sedangkan pasangan Dadang-Yoyok yang memilih berjalan kaki dari Masjid Jamik Al Abror Situbondo diiringi pekikan Shalawat Nariyah dari ratusan pendukungnya yang turut mengawal, tiba di kantor KPU sekitar pukul 14.45 WIB saat pasangan Ra Hamid-Ra Fadil belum selesai melakukan pendaftaran. Meski hampir bersamaan, kedua pendukung pasangan tetap tertib dengan penjagaan aparat kepolisian sehingga tidak terjadi keributan yang terjadi.

Sementara, Ketua KPU Situbondo Joedo Fadjar Riawan mengatakan, ketiga pasangan calon yang mendaftar telah memenuhi persyaratan mutlak yang harus dilengkapi. Namun, lanjut Joedo, masih ada beberapa kekurangan persyaratan yang belum terpenuhi namun namun bisa dilengkapi kemudian, seperti Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). (had/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO