Pj Wali Kota Kediri Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2024

Pj Wali Kota Kediri Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2024 Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, saat memakaikan topi secara simbolis kepada salah seorang anggota Satlinmas. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pj Wali Kota , Zanariah, meiimpin apel gelar pasukan pengamanan , Senin (5/2/2024). Apel diikuti 2.042 Satlinmas (Satuan Perlindungan Masyarakat) Kota yang akan melakukan pengamanan di TPS, PPS, maupun PPK di Kota Tahu.

"Hari ini pasukan Satlinmas Kota dikumpulkan dalam rangka Apel Siaga dan Simulasi Pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2024. Pemilu menjadi proses penting dalam demokrasi, untuk mensukseskan hal itu perlunya peran satlinmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban saat proses pemungutan maupun perhitungan suara," urai Zanariah.

Juga disebutkan beberapa peran Satlinmas saat pemilu, yaitu membantu menjaga keamanan dan ketertiban di TPS, membantu KPPS mengatur dan mengarahkan pemilih, serta melakukan patroli di sekitar TPS untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan, memonitor dan melaporkan situasi kondisi di TPS kepada KPPS dan aparat keamanan, serta membantu mengamankan kotak suara dan dokumen pemilu lainnya.

Pj Wali Kota berpesan kepada Satlinmas Kota untuk menjaga kondusivitas, tingkatkan kewaspadaan dan kesigapan, jaga netralitas, bekerja sama dengan baik dengan KPPS dan Babinsa serta Bhabinkamtibmas, jaga nama baik Satlinmas, serta jaga kesehatan dan stamina.

“Saya yakin, dengan dedikasi, disiplin, dan integritas yang dimiliki seluruh anggota Satlinmas, tugas mulia ini dapat dilaksanakan dengan baik. Selamat bertugas, semoga lancar hingga selesai pemilu,” pungkasnya.

Setelah apel gelar pasukan selesai, para Satlinmas Kota mengikuti simulasi pengamanan . Mereka juga diberikan pengarahan oleh Kota .

Turut hadir dalam apel ini Dandim 0809 Letkol Inf Aris Setiawan, Kepala Kejaksaan Negeri Andi Mirnawaty, Sekretaris Daerah Kota Bagus Alit, Kepala Satpol PP Kota Syamsul Bahri, Ketua Bawaslu Kota Yudi Agung Nugraha, camat dan lurah se-Kota , dan Satlinmas Kota . (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO