Terima Kunjungan Kepala Divre Perhutani Jatim, Gubernur Khofifah Bahas Potensi Perhutanan Sosial

Terima Kunjungan Kepala Divre Perhutani Jatim, Gubernur Khofifah Bahas Potensi Perhutanan Sosial Gubernur Khofifah saat menerima kunjungan Kepala Divre Perhutani Jawa Timur, Asep Dedi Mulyadi, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur menerima kunjungan Kepala Divisi Regional (Divre) Jawa Timur, Asep Dedi Mulyadi, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (5/12/2023).

Dalam kegiatan ini, gubernur mengatakan bahwa jumlah KHDPK atau kawasan hutan dengan pengelolaan khusus setelah penetapan terbaru Kementerian Lingkungan Hidup dan Perhutanan (), menjadikan perhutanan sosial di Jawa Timur hingga September 2023 seluas 188.370,98 hektare (ha).

Luasan hutan sosial Jatim yang besar tersebut, lanjut , berseiring dengan jumlah petani penggarap kawasan hutan sosial. Hingga September 2023, jumlah petani penggarap hutan sosial Jatim mencapai 129.627 Kepala Keluarga (KK), sedangkan Jateng 23.327 KK, Jabar 21.159, Banten 15.544 KK dan Yogyakarta 5.005 KK.

"Untuk itu dibutuhkan sinergi dan kolaborasi dengan untuk terus memaksimalkan potensi perhutanan khususnya perhutanan sosial di Jatim. Apalagi ada 380 kelompok petani hutan di Jawa Timur yang telah memperoleh akses legal pemanfatan hutan sosial dengan luas areal kelola seluas 188.370,98 hektare," urai .

"Belum lagi Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) yang telah terbentuk sebanyak 765 unit," imbuhnya.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO