Khofifah Siapkan 2 Tumpeng untuk Tasyakuran Pahlawan KH Abdul Chalim dan M Tabrani

Khofifah Siapkan 2 Tumpeng untuk Tasyakuran Pahlawan KH Abdul Chalim dan M Tabrani Presiden Joko Widodo saat menganugerahkan gelar pahlawan nasional KH Abdul Chalim yang diterima putra bungsunya, Prof Dr Kh Asep Saifuddin Chalim, MA. Foto: Setneg

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada 6 tokoh nasional di Istana Negara Jakarta, Jumat (10/11/2023). Mereka di antaranya ialah dari Leuwimunding, Majalengka, Jawa Barat, dan M Tabrani dari Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Yang menarik, Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa, langsung menyiapkan 2 tumpeng untuk tasyakuran dua pahlawan tersebut. Dua tumpeng itu disiapkan di Kantor Badan Penghubung Daerah (Bapengda) Jawa Timur, Jalan Pasuruan 16-20, Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam acara tasyakuran yang digelar sekitar pukul 14.00 WIB itu hadir Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, putra , bersama istrinya, Nyai Hj Alif Fadhilah. Tampak juga beberapa putra-putrinya, antara lain Muhammad Al Barra (Gus Bara), Ning Imah dan suaminya Dr KH Mauhibur Rokhman serta para kerabatnya, baik dari Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Mojokerto maupun Majalengka.

Begitu juga keluarga M. Tabrani. Tampak hadir Dr Ami Primarni, putri bungsu M. Tabrani, dan beberapa keluarga dan kerabatnya.

Prof Dr KH Asep dan keluarga M. Tabrani saat potong tumpeng tasyakuran di Badan Penghubung Daerah Provinsi Jawa Timur Jl Pasuruan 16 - 20 Jakarta Pusat, Jumat (10/11/2023). Foto: M. Mas'ud Adnan/ bangsaonline

Dalam acara tasyakuran yang dihadiri sekitar 35 orang itu selain digelar pemotongan tumpeng juga sambutan, baik dari keluarga maupun M. Tabrani.

"Kalau saya ini kan hanya nunut," kata Kiai Asep merendah saat memberikan sambutan. Pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur itu menceritakan kronologis pengusulan abahnya sebagai pahlawan. 

Menurut dia, saat diundang pengajian ke Cirebon dirinya singgah di Leuwimunding Majalengka. Saat itulah Kepala Dinas Sosial Majalengka Iwan Dirwan datang menemuinya bersama beberapa stafnya. Ia minta izin untuk mengusulkan Kiai Abdul Chalim sebagai pahlawan nasional. 

"Lima tahun sebelumnya Bu juga mengusulkan abah saya sebagai pahlawan. Tapi saya menyampaikan kepada Bu saya mau istikharah dulu, apakah abah saya berkenan," tutur Kiai Asep.

Ternyata kemudian Dinsos Majalengka minta izin untuk mengusulkan Kiai Abdul Chalim sebagai pahlawan.

"Mungkin ini jawaban dari istikharah saya itu," kata ketua umum Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) itu.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO