Profil Victor Osimhen, Raja Gol Italia yang Berseteru dengan Napoli

Profil Victor Osimhen, Raja Gol Italia yang Berseteru dengan Napoli Victor Osimhen saat memperkuat Napoli dalam suatu laga. Foto: Twitter @sscnapoli

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Victor Osimhen belakangan sedang jadi perbincangan hangat usai mendapatkan pelecehan rasial oleh klub yang dibelanya sendiri.

Sosok pemain bola yang menyandang gelar top skor Liga Italia 2022/2023 itu merasa dilecehkan Napoli melalui postingan di akun TikTok dan bersiap mengambil langkah hukum untuk menggugat I Partenopei.

Lantas siapa sebenarnya Victor Osimhen hingga membuat Napoli mendapat kritik deras karena dianggap melecehkan sosok yang berjasa besar mengantar klub menjuarai Serie A musim lalu.?

Victor Osimhen adalah pesepak bola kelahiran Lagos, Nigeria pada 29 Desember 1998 yang saat ini bermain untuk salah satu klub Serie A, Napoli.

Selain itu, pria yang memiliki nama lengkap Victor James Osimhen juga merupakan penyerang utama di Tim Nasional Nigeria.

Pemain bertinggi 1,85 meter ini adalah anak terakhir dari enam bersaudara di keluarganya. Orang tuanya berasal di Esan South East Local Government, sebuah area di negara bagian Edo, Nigeria Selatan.

Osimhen muda tumbuh dan besar di kawasan Oregun, Ikeja, Lagos. Ia menetap di rumah sederhana bersama ayah dan saudara-saudaranya. Osimhen remaja pernah mencoba berbagai pekerjaan untuk menghidupi keluarganya.

Pemain bernomor punggung 9 di Napoli itu pernah berjualan air mineral di jalanan dan mencari penghasilan serabutan membantu para tetangganya.

Kini, Osimhen dikenal sebagai pemain dengan kecepatan, finishing, kekuatan fisik yang luar biasa. Ia juga dianugerahi kemampuan kontrol bola dan dribbling yang sangat baik.

1. Karier klub

Karier di lapangan hijau Victor Osimhen bermula saat ia memperkuat akademi sepak bola Ultimate Strikers di Lagos, Nigeria.

VfL Wolfsburg (2017-2019)

Setelah lulus akademi, Victor Osimhen resmi bergabung bersama VfL Wolfsburg pada 5 Januari 2017 dengan durasi kontrak tiga setengah tahun. Bersama tim yang berjuluk Die Wolfe, Osimhen gagal menemukan ritme permainan. Dalam 14 kali kesempatan berlaga, ia tidak menorehkan satu gol pun.

Osimhen kemudian dipinjamkan selama semusim ke Charleroi, klub Liga Belgia pada 22 Agustus 2018,. Menariknya, Osimhen berhasil menunjukan tajinya bersama Charleroi. Ia pun berhasil mencetak 20 gol dari 36 kali penampilan.

Lille (2019-2020)

Pada Juli 2019, Victor Osimhen melanjutkan petualangannya dengan bergabung ke salah satu kontestan Ligue 1 Prancis, Lille OSC. Ia menjalani debut di kasta utama Prancis pada 11 Agustus 2019 dan berhasil mengemas dua gol dalam kemenangan 2-1 atas Nantes.

Sebulan berselang atau tepatnya September 2019, Osimhen menyabet Player of the Month. Sebelumnya, ia menorehkan dua gol dan 2 assist dalam lima laga Ligue 1.

Pada musim tersebut, Victor Osimhen sukses menjadi pencetak gol terbanyak dengan 13 gol dalam 25 pertandingan liga, dan 18 gol pada semua ajang.

Napoli (2020-sekarang)

Klub raksasa Italia, Napoli kemudian mengakuisisi Victor Osimhen pada 31 Juli 2020.

Berdasar laporan Football Italia menyebut Napoli memboyong Osimhen dengan mahar 60 juta Euro termasuk bonus. Sebuah nominal cukup fantastis untuk penyerang berusia 21 tahun kala itu.

Bersama tim yang bermarkas di Stadion Diego Armando Maradona, Victor Osimhen sukses tampil menawan. Dari 24 penampilan di musim pertamanya, ia sukses mencetak 10 gol dan 3 assist. Kemudian musim 2021-2022, Osimhen membukukan 14 gol dan 2 assist dari 27 penampilan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO