12 Karya Budaya Jatim Resmi Jadi WBTb Nasional, Gubernur Khofifah Bilang Begini

12 Karya Budaya Jatim Resmi Jadi WBTb Nasional, Gubernur Khofifah Bilang Begini

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tim Ahli WBTb Kemendikbudristek RI secara resmi menetapkan 12 Karya Budaya asli Jawa Timur sebagai dalam Sidang Penetapan WBTb Indonesia 2023 pada Kamis (31/8), di Jakarta. Penetapan ini menambah deretan panjang Karya Budaya asli Jatim yang terdaftar sebagai WBTb Nasional.

Rincian 12 karya budaya Jatim yang diakui sebagai WBTb Nasional adalah Jaranan Pegon yang berasal dari Tulungagung, Tari Ngremo n dari , Lamongan dengan Jaran Jenggo, Kabupaten Pasuruan dengan Yadnya Karo Suku Tengger Brang Kulon, Tari Beskalan dari Kabupaten Malang, dan Nyadran Sawuran dari Bojonegoro .

Kemudian Kota Probolinggo ada Kembang Lamaran, Brem Madiun dari Kabupaten Madiun, Tari Topeng Getak dari Pamekasan, Keket dari Situbondo, Manten Pegon dari , dan Ngetung Batih dari Trenggalek .

Terkait hal ini, Gubernur Khofifah menyampaikan apresiasi kepada tim Kemendikbudristek RI dan tim ahli lainnya atas penetapan 12 karya budaya Jawa Timur sebagai . Dimana, dua belas Karya Budaya ini merupakan hasil usulan dan presentasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur bersama para maestro dan akademisi pada Rabu (30/8) lalu.

"Alhamdulillah, dari 12 usulan Karya Budaya, semuanya diterima dan ditetapkan sebagai WBTb Nasional. Tentu ini kabar yang sangat menggembirakan bagi warga Jatim," ujar Gubernur Khofifah pada Selasa (5/9).

"Terima kasih atas doa dan dukungan masyarakat Jatim. Semoga hal ini menjadikan budaya di Jatim tetap lestari dan bisa memberikan dampak yang baik bagi masyarakat melalui upaya pemajuan kebudayaan," lanjutnya.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO