Di Upacara Manusuk Sima, Wali Kota Kediri Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan

Di Upacara Manusuk Sima, Wali Kota Kediri Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, saat melepaskan burung merpati. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota , Abdullah Abu Bakar, mengikuti prosesi , Kamis (27/7/2023). Meski dilaksanakan di Balai Kota , agenda tersebut tak mengurangi esensi tradisi dan sejarahnya.

"Hari ini kita merayakan . Tepat di tanggal 27 Juli 2023, Kota berumur 1144 berdasarkan Prasasti Kwak. Jadi kita melakukan seremonial dari tadi pagi di Kuwak Tirtoyoso lalu kita sambung acara seremonial di Balai Kota untuk penyerahan Prasasti Kwak," kata pimpinan daerah yang akrab disapa Mas Abu itu.

Di Hari Jadi Kota ini, ia ingin agar wilayahnya menjadi daerah yang baik, bersih, dan subur. Maka dari itu, semua pihak harus menjaga alam di Kota , salah satu caranya dengan mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai.

"Mudah-mudahan ini kita bisa menjaga sustainable, dan kita bisa zero waste ke depannya. Karena kita punya tanggung jawab yaitu lingkungan," tuturnya.

Pada kali ini juga dilakukan pelepasan Burung Perkutut sebanyak 1144 ekor, sebagai ungkapan kebahagiaan. Mas Abu menjelaskan, kenapa Burung Perkutut yang dipilih karena burung ini salah satu burung endemik khas Jawa Timur. Dulu Burung Perkutut banyak diburu dan ditembak. Sekarang ini sudah mulai susah menemui Burung Perkutut.

"Pesannya untuk semua warga, agar Burung Perkutut ini tidak ditangkap tapi silahkan diberi makan, silahkan dilepaskan supaya kita bisa menikmati alam seperti sedia kala," pungkasnya.

Kegiatan juga dihadiri Forkopimda Kota , Ketua TP PKK Kota , Ferry Silviana Abu Bakar; Ketua Dharma Wanita Persatuan, Novita Bagus Alit; kepala OPD Pemkot , Camat se-Kota , dan Lurah se-Kota . (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO