Jelang Hari Lahir, Kanwil Kemenkumham Jatim Gelar Pelayanan Publik dan Baksos di Banyuwangi

Jelang Hari Lahir, Kanwil Kemenkumham Jatim Gelar Pelayanan Publik dan Baksos di Banyuwangi Kakanwil Kemenkumham Jatim, Imam Jauhari saat memberikan bingkisan kepada para peserta dalam kegiatan pelayanan publik dan bakti sosial (baksos) pengentasan Stunting di Banyuwangi, Senin (24/7/2023).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - dalam memperingati hari lahirnya, memiliki cara tersendiri. Instansi plat merah yang dipimpin oleh Imam Jauhari ini, menyapa masyarakat dengan berbagai pelayanan publik dan bakti sosial (baksos) pengentasan Stunting, Senin (24/7/2023).

"Kami memilih sebagai tempat untuk memeriahkan peringatan hari lahir Kemenkumham yang ke-78, karena memang ini sangat spesial," ujar Kakanwil Kemenkumham Jatim Imam Jauhari.

Menurutnya, memiliki kekayaan alam yang sangat bervariasi. Mulai dari pegunungan vulkanik yang subur yakni Gunung Ijen dan Gunung Raung. Hingga lautan yang mengelilingi wilayah utara, timur dan selatan. Menjadikan merupakan salah satu daerah penghasil sumber daya ikan terbesar di Jawa Timur.

Ia mengatakan, kota yang dijuluki The Sunrise of Java itu juga dikelilingi oleh hutan berupa taman nasional diantaranya Baluran, Meru Betiri dan Alas Purwo. Ketiganya merupakan sumber utama oksigen bagi masyarakat .

Secara budaya, sangat menjunjung tinggi adat istiadat yakni kebudayaan suku Osing yang saat ini dijadikan sebagai produk wisata melalui kuliner dan festival budayanya.

"Melihat begitu besarnya potensi , kami merasa perlu hadir untuk memberikan kepastian dan perlindungan hukum. Khususnya bagi masyarakat yang selama ini menggerakkan ekonomi melalui usaha-usaha kreatif dan memanfaatkan pariwisata sebagai ladang utama penggerak ekonomi," urai Imam.

Kegiatan yang digelar di Taman Blambangan tersebut, diawali dengan olahraga bersama seperti gowes mengelilingi pusat kota.

"Kami juga memanfaatkan momentum ini untuk membuka pelayanan publik melalui program Pelayanan Hukum dan HAM bergerak," lanjut Imam.

Pelayanan yang diberikan beragam, seluruh elemen Kemenkumham dilibatkan untuk memeriahkan kegiatan ini. Selain pelayanan paspor, pendaftaran kekayaan intelektual seperti merek, hak cipta dan paten, ada juga pelayanan bantuan hukum gratis hingga pengaduan HAM.

Sumber: Humas Kemenkumham Jatim

Lihat juga video 'Peringati Hari Jadi ke-1.087, Pemkab Nganjuk Gelar Sejumlah Baksos':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO