‎Kapolres Tuban Dinilai Lakukan Pembohongan Publik, Terkait Kasus Aniaya Bocah

‎Kapolres Tuban Dinilai Lakukan Pembohongan Publik, Terkait Kasus Aniaya Bocah Kapolres Tuban, AKBP Arif Guruh Dermawan, saat jumpa pers di Mapolres Tuban. (foto: suwandi/BANGSAONLINE)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) dan Koalisi Perempuan Ronggolawe (KPR) menilai Kapolres Tuban, AKBP Guruh Arif Darmawan, telah melakukan pembohongan publik trekait kasus kekerasan yang diduga dilakukan oknum anggota Polsek Widang terhadap anak dibawah umur saat jumpa pers, Minggu (21/6) kemarin.

(Baca juga: Oknum Polisi Tuban Pukul dan Todongkan Pistol pada Bocah SMP)

Dari keterangan resmi Kapolres tersebut, Kontras dan KPR menilai bahwa keterangan Guruh terkesan menjurus pada pembohongan publik. Kontras mengaku apa yang dikatakan Kapolres Tuban berlawanan dengan hasil yang didapat tim mereka saat mencari data pada korban dan keluarga serta kerabat korban.

(Baca juga: Kasus Bocah SMP di Tuban yang Diduga Dianiaya Polisi, Kapolres Tuban Membantah)

“Kalau kita kroscekkan dengan di lapangan jelas ada pembohongan publik,” kata Koordinator Badan Pekerja Kontras Surabaya, Fathul Khoir kepada sejumlah wartawan, Senin (22/06).

Dikatakannya, pembohongan publik yang dimaksud yakni ketika Kapolres Tuban menunjukkan hasil visum keadaan VA (13), korban kekerasan asal Desa Patihan Kecamatan Widang.

Hasil visum yang ditunjukkan kepada wartawan bertanggal 15 Juni 2015 dan berasal dari Puskesmas Widang. Akan tetapi, faktanya korban baru mendapatkan hasil visum pada Kamis (18/6) kemarin. Anehnya lagi, hasil visum tersebut bukan berasal dari puskesmas Widang, tetapi dari RSUD Dr. Koesma Tuban.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO