Jelang Idul Adha, Gubernur Khofifah: Ketersediaan Kurban di Jawa Timur Surplus, RPH dan Juleha Cukup

Jelang Idul Adha, Gubernur Khofifah: Ketersediaan Kurban di Jawa Timur Surplus, RPH dan Juleha Cukup Gubernur Khofifah saat melakukan peninjauan di RPH Kota Malang.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Gubernur terus memastikan bahwa kesiapan pelaksanaan Hari Raya 1444 H yang jatuh pada 29 Juni 2023 berjalan lancar. Untuk itu, setelah sebelumnya mengecek kondisi RPH (rumah potong hewan) Pegirian di Surabaya, gubernur kembali melakukan peninjauan di RPH Kota , Minggu (25/6/2023).

Setibanya di lokasi, didampingi Wali Kota , Sutiaji, langsung melihat tempat pemotongan sapi pada RPH berkapasitas tampung pemotongan sebanyak 80 ekor, sekaligus mengecek kondisi kandang yang dapat menampung hingga 100 ekor sapi. Adapun jumlah pemotongan di RPH Kota ini rata-rata 35 ekor per hari.

Usai peninjauan, gubernur memastikan bahwa stok ketersediaan hewan kurban di Jawa Timur sangatlah aman, untuk 4 jenis hewan kurban termasuk dalam kategori surplus baik untuk sapi, kambing, domba maupun kerbau. Bahkan, terdapat 2.352 lapak penjualan hewan kurban di Jawa Timur saat tahun ini.

“Kami melakukan kunjungan ke beberapa sentra ternak terutama sapi, untuk memastikan stok ketersediaan kurban kita dalam keadaan sangat cukup,” kata .

Khusus di RPH Kota , ia juga mengapresiasi kesiapan para juleha (Juru Sembelih Halal) yang mayoritas telah tersertifikasi. Bahkan, 10 dari 13 Juleha di RPH ini diketahui telah bersertifikat.

“Sertifikasi ini penting, untuk memastikan kemampuan juleha dalam menyembelih hewan qurban dengan mulia dan tanpa menyakiti. InsyaAllah di Jatim kita memiliki Juleha yang cukup banyak. Kira-kira 3 minggu lalu saya bertemu dengan lebih dari 1000 Juleha di Islamic Center Surabaya,” paparnya.

kembali menekankan, pentingnya syarat-syarat yang harus dipenuhi hewan qurban agar sah sesuai syariat Islam. Dimana, syarat tersebut juga diimbangi dengan keadaan fisik hewan kurban salah satunya memastikan umur dan tanggalnya gigi hewan kurban alias powel.

“Insya Allah pelaksanaan idul qurban di Jatim lancar. Sekarang tambahannya adalah harus dipastikan sehat ditunjukkan dengan surat keterangan veteriner bahwa bebas LSD dan PMK. Ini penting, karena kami harus memastikan bahwa hewan kurbannya aman untuk dikonsumsi masyarakat luas,” tuturnya.

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO