Objek Diduga Cagar Budaya Alih Fungsi Jadi McD, Kantor Disbudparpora Kota Kediri Didemo Warga

Objek Diduga Cagar Budaya Alih Fungsi Jadi McD, Kantor Disbudparpora Kota Kediri Didemo Warga Massa aksi saat menggelar demo di depan restoran cepat saji dengan menampilkan pertunjukan barongan. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Puluhan massa aksi yang tergabung dalam perkumpulan Saroja menggelar demo di Kantor Disbudparpora Kota , Rabu (21/6/2023). Mereka mempertanyakan objek yang diduga cagar budaya di Jalan Brawijaya yang kini berubah menjadi restoran cepat saji McDonald's.

Dalam demo tersebut, massa membawa kelompok barongan Mayangkoro. Barongan itu ditampilkan di depan restoran cepat saji McD yang masih ditutup dengan pagar seng. Puas berjoget dan berorasi, mereka bergeser menuju kantor dinas disbudparpora.

Supriyo, Korlap Aksi, mengatakan bahwa rumah yang sekarang dijadikan restoran cepat saji McDonald's itu adalah objek diduga cagar budaya (ODCB) yang mestinya harus dilindungi.

"Kami menolak keras berdirinya restoran cepat saji McDonald's di objek diduga cagar budaya ini," ujarnya.

Priyo menuntut agar objek diduga cagar budaya itu dikembalikan ke bentuk aslinya.

"Kami minta penjelasan Kepala Disbudparpora Kota , bagaimana bisa keluar rekomendasi berdirinya restoran cepat saji McDonald's tersebut. Padahal tempat itu adalah objek diduga cagar budaya," tuturnya.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO