Jembatan Apung di Kecamatan Balongbendo Sidoarjo, Permudah Akses Warga di Dua Kabupaten

Jembatan Apung di Kecamatan Balongbendo Sidoarjo, Permudah Akses Warga di Dua Kabupaten Jembatan apung Balongbendo, Sidoarjo yang menghubungkan ke Gresik.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Warga Desa Bogempinggir, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten , yang hendak akan pergi ke Desa Sumberame, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik atau sebaliknya, kini semakin mudah dengan jembatan apung yang telah diresmikan hari ini, Kamis (15/6/2023).

Sebelum adanya jembatan, warga harus memutar sekitar tiga kilometer ke arah Timur menuju, atau menggunakan perahu tambang untuk menyeberangi sungai.

Ketua Bumes Kidang Kencono, Desa Sumberame, Ahmad Zainuri menuturkan, jembatan ini, memiliki lebar 2,5 meter dengan panjang 45 meter.

Jembatan yang dikerjakan selama 2 minggu ini, menggunakan 80 drum plastik dan kayu Mahoni. Namun sampai saat ini, dirinya belum menghitung total dana yang telah dihabiskan.

“Awalnya di lokasi ini merupakan dermaga penyeberangan perahu tambang. Nah, pembangunan jembatan apung ini sangat bermanfaat bagi warga dua desa di dua kabupaten. Kini mereka bisa lebih cepat dan lebih aman melalui jembatan apung ini,” tuturnya.

Untuk melewati jembatan apung ini, sepeda motor yang melintas dikenakan tarif Rp 2 ribu.

Menurutnya, pembangunan jembatan ini, merupakan kerjasama antara Bumdes yang dipimpinnya, dengan pemdes Bogempinggir, serta pihak ketiga sebagai pelaksana.

Meski demikian, dirinya tidak bermaksud mematikan usaha perhatu tambang yang berada di sekitar lokasi jembatan.

“Justru sebaliknya, jam operasional mereka kan terbatas, sedangkan operasional di sini 24 jam nonstop. Mereka juga kami pekerjakan di sini,” terangnya.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO