Jelang Idul Fitri, Pengrajin Songko AL MAKKI di Sampang Kebanjiran Cuan

Jelang Idul Fitri, Pengrajin Songko AL MAKKI di Sampang Kebanjiran Cuan Hasibullah Salim, pemilik sentra usah songko AL MAKKI saat menjelaskan hasil produksinya. Foto: Dok pesantren/BANGSAONLINE

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Pondok Pesantren Darul Aitam beralamatkan di Desa Tlambeh, Kecamatan Karang Penang, , membuka pelatihan kerajinan kopiah bagi santri dan alumni. Peluang usaha yang menjanjikan itu berjalan sejak tahun 2019-2023, dan kini hasil produksinya mulai melambung ke luar Provinsi.

Pemilik sentra usah songko, Hasibullah Salim, memberikan nama produnya 'AL MAKKI'. Dalam kesehariannya dapat memproduksi sebanyak 400-600 songko dengan berbagai motif pesanan. Bahkan, berkat bulan puasa ini dan menjelang hari raya Idul Fitri pesanannya meningkat.

"Di bulan puasa dan menjelang hari raya Idhul Fitri ini pesanan songko AL MAKKI meningkat dua kali lipat," ucapnya saat dihubungi BANGSAONLINE.com, Senin, (10/4/2023).

Ia menceritakan, awal berdirinya sentra usah songko di tahun 2019-2021 dikelola oleh lembaga pondok pesantren. Namun, pada awal tahun 2021-2023 dikelola pribadi tetapi hasilnya diinvestasikan untuk pesantren.

"Kalau dulu usaha ini memang milik lembaga, tetapi sekarang dikelola saya pribadi tapi hasilnya diinvestasikan ke pesantren," ungkapnya.

Pemilik sentra usah songko "AL MAKKI" memiliki dua cabang usaha dan beberapa mitra di luar daerah Madura. Selain itu, songko "AL MAKKI" mempunyai berbagai macam motif dan merek, mulai dari anak kecil, remaja, hingga dewasa. Untuk pemesanannya bisa secara langsung mendatangi Pondok Pesantren Darul Aitam atau melalui online.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO