Longsor hingga Jembatan Putus Akibat Banjir Bandang Terjang Sangkapura Gresik

Longsor hingga Jembatan Putus Akibat Banjir Bandang Terjang Sangkapura Gresik Warga saat gotong royong lakukan perbaikan jalan cor akses menuju Dusun Gili Barat-Desa Dekatagung, Kecamatan Sangkapura yang terputus. Foto:ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Hujan deras dan air laut pasang yang menerjang Kecamatan Sangkapura, Pulau , Kabupaten , mengakibatkan banjir bandang, Senin (26/12/2022), malam.

Akibatnya, bukit dan sejumlah jalan di sekitar perbukitan longsor, jembatan putus, dan sejumlah desa terendam banjir.

Camat Sangkapura, Syamsul Arifin mengatakan, banjir bandang yang menerjang wilayahnya mengakibatkan terjadi longsor di Desa Gunungteguh dan jembatan putus di 4 titik, yaitu, di Dusun Gunungtinggi, Balikbak Gunung, Pettongbulung dan Berak Sabe.

"Jembatan putus di Dusun Kelbung," ucap Arifin saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com melalui sambungan telepon, Selasa (27/12/2022).

Hujan deras dengan intensitas tinggi, kata Arifin, juga mengakibatkan air laut pasang (naik) ke permukaan. Akibatnya, banjir di beberapa desa.

Antara lain, di Desa Lebak 4 dusun, Pasar Padeleman, Sungai Raya, Buling dan Dusun Lebak.

Desa Sungaiteluk 3 dusun, Dusun Rujing, Beringinan dan Sungaitopo. Lalu, Desa Kotakusuma 5 dusun: Dusun Pateken, Bungkosobung, Sawah Daya, Barat Sungai dan Sawah Luar

Kemudian, Desa Sawahmulya 6 dusun: Dusun Boom, Bangkalan, Sawah Laut, Laut Sungai, Kebunlaut dan Dayabata. Selanjutnya, Desa Sungairujing 1 dusun: Dusun Tajung.

"Selain itu, Desa Patarselamat 1 dusun: Dusun Patar," tuturnya.

Lebih jauh Arifin menjelaskan, ketinggian air yang merendam desa-desa tersebut rata-rata setinggi 50 cm -100 cm.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO