Reuni Akbar 50 Tahun IKA Unair, Gubernur Khofifah Ajak Alumni Jadi Ujung Tombak

Reuni Akbar 50 Tahun IKA Unair, Gubernur Khofifah Ajak Alumni Jadi Ujung Tombak Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat memberi sambutan ketika menghadiri Reuni Akbar 50 Tahun IKA Unair.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur mengajak seluruh alumni Universitas Airlangga () bergandengan tangan untuk bersama-sama menjadi ujung tombak dalam menghadapi tantangan krisis di masa depan. Ia mengungkapkan hal tersebut saat memberi sambutan dalam Reuni Akbar 50 Tahun IKA , Sabtu (17/12) malam.

Setiap alumni, kata gubernur yang juga menjadi Ketua Umum PP IKA itu, mampu menjadi game changer dengan menghubungkan karya-karya inovatif di tingkat universitas, kebutuhan dunia kerja, dan aspirasi di masyarakat sipil.

"IKA dapat menjadi hub strategis dalam jalur relasional kerja sama dunia pendidikan dan riset, pemerintah, dunia kerja, media massa, dan sektor-sektor strategis," ujarnya.

Di hadapan ribuan alumni , turut menekankan pentingnya memperkuat karakter inisiatif, kolaborasi, dan inovasi (IKI) di kalangan alumni untuk menghadapi tantangan Indonesia ke depan.

"Untuk menjawab tantangan masa depan 'IKI' Jawabane, inisiatif, kolaborasi, dan inovasi," tuturnya.

Mantan Menteri Sosial ini menyebut, alumni telah menunjukkan inisiatif dan kolaborasi dalam menghadapi pandemi Covid-19. Ia menjelaskan, IKA telah berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam mempercepat pengendalian Covid-19 melalui vaksinasi.

"Di tempat ini (Airlangga Convention Center) beberapa kali telah dilakukan vaksinasi oleh IKA dengan berkolaborasi dengan Pemprov Jatim, di sejumlah tempat di beberapa kota juga telah dilakukan IKA untuk percepatan vaksinasi Covid-19," paparnya.

Menurut dia, hadirnya IKA telah memberikan kontribusi bagi bangsa dan masyarakat Indonesia, dan menjadi bagian dari social capital pada setiap anggota untuk mengembangkan kapasitas diri.

Tak hanya itu, ia pun menegaskan bahwa kemajuan IKA harus berjalan seimbang dan berhasil menampilkan kontribusi dan peran signifikannya dari hasil kerja para alumni yang berprestasi.

"Alumni tidak meninggalkan atau mau mendampingi para alumni lainnya untuk maju dan berjalan setara bagi yang lain," tegasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO