Sisi Gelap Alvin Lim Dibongkar, Bagaimana Respons Pengacara Pemberani Itu?

Sisi Gelap Alvin Lim Dibongkar, Bagaimana Respons Pengacara Pemberani Itu? Alvin Lim. Foto: ist

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Inilah babak baru Alvin Lim, pengacara yang terkenal galak dan berani. Alvin yang kini berada dalam tahanan harus berhadapan dengan Juristo. Totok – panggilan Juristo yang juga pengacara, membongkar sisi gelap Alvin. Terkait . Bagaimana respons Alvin Lim dan istrinya?

Silakan simak tulisan wartawan kondang, Dahlan Iskan, di HARIAN BANGSA, Senin hari ini, 28 Nopember 2022. Atau di BANGSAONLINE.com di bawah ini.

KALAU saja Alvin Lim mau dipertemukan dengan Juristo SH di Uya Kuya, pasti seru sekali. Baru Juristo-lah orang yang berani mengungkap sisi gelap Alvin secara telak.

Saya menelepon Uya Kuya untuk minta nomor kontak Juristo. Totok, panggilan Juristo, baru saja tampil di podcast Uya Kuya. Totok membawa banyak dokumen penipuan yang dilakukan Alvin dan istrinya.

Skema penipuannya sangat dramatis. Terutama bagaimana bisa memanfaatkan kelemahan sistem administrasi kependudukan Indonesia.

"Saya mau dikonfrontasi dengan Alvin. Kapan saja. Di mana saja. Termasuk di Uya Kuya," ujar Totok yang juga biasa dipanggil Risto.

Menurut Juristo, setelah ia tampil bersama Uya Kuya, pihak Alvin menghubungi Uya Kuya. "Ia minta agar diberi kesempatan yang sama tampil di podcast Uya Kuya," ujar Juristo.

Maukah Uya Kuya memenuhi permintaan Alvin? "Mau, tapi akan lebih baik kalau sekalian bersama Pak Totok," ujar Uya Kuya. "Pak Totok sudah mau. Tinggal menunggu jawaban dari pihak Alvin," ujar Uya Kuya.

Memang yang diungkapkan Juristo luar biasa. Apalagi kalau benar adanya. Alvin, katanya, membuat seseorang mengurus KTP baru dengan nama Budi Sulaiman. Waktu itu sistem administrasi KTP belum sebaik sekarang.

Berbekal KTP tersebut Budi Sulaiman diuruskan paspor. Lalu diajak pergi ke Singapura. Di Singapura Budi tinggal di rumah/apartemen Alvin Lim.

Dengan alamat itu, Budi diajak mendaftar ke perusahaan . Budi mengkan jiwanya senilai hampir SGD 1 juta (dolar Singapura). Dengan pertanggungan di bawah 1 juta, pengurusan klaimnya lebih mudah.

Budi juga mendaftar ke perusahaan lain. Dengan nilai yang sama. Lalu mendaftar lagi ke yang lain lagi. Budi masuk sekaligus lima .

Beberapa bulan kemudian Budi disebut meninggal dunia. Akibat serangan jantung.

Ahli waris Budi pun melaporkan kematian itu ke perusahaan di Singapura. Anda sudah tahu: untuk mencairkan nya. Laporan kematian itu juga sekalian untuk lima perusahaan .

Dalam laporan itu, sesuai dengan kontrak (5 April 2019) ahli waris Budi Sulaiman bernama Pangkaraya. Tidak dijelaskan status hubungan Budi dengan . Anda sudah tahu: Pioruchi baru jadi istri Alvin Lim sejak Februari 2022.

Kelihatannya perusahaan di Singapura tidak percaya begitu saja. Pihak minta bukti pemakaman, dan alamat kuburannya.

Dari dokumen yang ditunjukkan Juristo ke saya terlihat menjawab pertanyaan tersebut lewat satu surat. Tertanggal 27 November 2019. sendiri yang menandatangani surat itu.

Dijelaskan bahwa Budi Sulaiman meninggal akibat serangan jantung. Jenazahnya dikremasi. Karena itu tidak ada bukti soal pemakaman dan alamat kuburannya.

Menurut Juristo, istri Alvin Lim tersebut menerima sebesar Rp 40 miliar –dari lima perusahaan .

Apakah tersebut orangnya ada? Dan benar-benar meninggal?

Dalam penjelasannya, Juristo mengesankan yang namanya Budi tersebut orangnya ada. Pernah membuat paspor. Pernah ke Singapura. Administrasi KTP-nya ada. Tapi Budi tersebut bisa saja punya KTP lain bernama bukan Budi. Dan yang meninggal dunia tersebut bisa saja benar-benar orang yang bernama Budi. Atau bisa saja hanya meninggal di sertifikat kremasi. Yang penting ada surat keterangan dari pihak kremasi bahwa ada orang bernama sudah dikremasi.

Dari jawaban ke perusahaan disebutkan tertulis jelas: kremasi dilakukan oleh Yayasan Vihari Kusala Ratna Krematorium. Saya cek memang ada yayasan itu di Tangerang. Yakni di Jalan Iskandar Muda No 8. Tidak jauh dari mal Alam Sutra. Atau sekitar 35 menit dari rumah Alvin di Karawaci.

Surat jawaban itu tertanggal 27 November 2019. Berarti saat itu belum menjadi istri Alvin. Mereka baru menikah tanggal 22 Februari 2022.

Dari surat itu memang terlihat bahwa sudah membuat surat wasiat bahwa kalau ia meninggal dunia yang menerima klaim nya adalah . Wasiat itu disaksikan oleh dua orang bernama Leonard Tan dan Ahmad Zamih.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO