Mengenal Asuransi dan Tabungan Pendidikan

Mengenal Asuransi dan Tabungan Pendidikan Ilustrasi anak belajar. Foto: pixabay

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Rencana masa depan keluarga, terutama terkait keuangan dan pendidikan anak sangatlah penting. Biaya pendidikan yang semakin mahal membuat perencanaan yang matang menjadi hal yang diperlukan. Salah satu cara untuk mempersiapkan dana pendidikan adalah dengan memanfaatkan produk keuangan seperti dan . Meskipun keduanya serupa dalam tujuan mempersiapkan dana pendidikan, sebenarnya ada perbedaan antara keduanya.

Berikut Perbedaan Asuransi dan Tabungan

1. Fungsi Utama

Asuransi pendidikan berfungsi sebagai proteksi dana pendidikan. Ini berarti jika individu yang membayar premi meninggal dunia atau mengalami kondisi tertentu yang tercatat dalam kesepakatan, dana pendidikan akan tetap terproteksi. Sementara itu, digunakan khusus untuk menyimpan dana pendidikan, dan dapat digunakan kapan saja sesuai kebutuhan.

2. Lembaga yang Mengeluarkan

Asuransi pendidikan dikeluarkan oleh perusahaan seperti Allianz, AIA, dan Prudential. Sedangkan hanya dikeluarkan oleh bank tempat dana disimpan.

3. Setoran

Setoran untuk pendidikan meliputi biaya premi yang terdiri dari biaya , dana investasi, dan lain-lain. Nilai premi sesuai dengan polis yang dipilih. Sedangkan memiliki setoran yang sesuai dengan kemampuan menabung individu.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO