Lewat Urban Farming, DKPP Kota Kediri Bangun Ketahanan Pangan di Sekolah

Lewat Urban Farming, DKPP Kota Kediri Bangun Ketahanan Pangan di Sekolah Para murid SDN Tosaren 1 saat mendengarkan penjelasan dari penyuluh pertanian lapangan DKPP Kota Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Memiliki lahan sekolah yang sempit tidak membatasi semangat para siswa , Kecamatan Pesantren, Kota , untuk berkebun. Bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota , mereka tampak antusias mengikuti Urban Farming Goes to School yang berlangsung di halaman sekolah, Jumat (30/9/2022).

“Program ini terkait dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang sudah diterapkan di seluruh sekolah. Tujuannya untuk mengenalkan pertanian sejak dini kepada siswa agar regenerasi petani bisa muncul dari mereka,” kata Kepala DKPP Kota , Moh Ridwan.

Menurut dia, generasi era sekarang belum memiliki keinginan yang kuat dalam bidang pertanian. Generasi milenial, kata Ridwan, cenderung kurang memahami proses bercocok tanam mulai dari penyemaian hingga panen.

“Inti kegiatan pertanian di perkotaan ialah lahan yang sempit bisa kita tanami. Kita bisa memaksimalkan pertanian di situ,” ujarnya. 

Dalam kegiatan itu, Hatta dan Ayu selaku Penyuluh Pertanian Lapangan DKPP Kota mengajarkan sejumlah metode pertanian, yang cocok diterapkan lahan terbatas kepada para siswa kelas 3, 4, 5 . Yakni: vertikultur (bertingkat), aquaponik, wall gardening, serta budidaya hidroponik.

“Sebelum praktik kita ajarkan dulu teori dasar tentang metode bertani. Lalu pada praktiknya kita ajarkan cara menyemai,” ucap Ridwan. 

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Pengguna Jalan di Pasar Pahing Kediri Tersengat Listrik':