Bupati Kediri Tinjau Sanitasi Warga

Bupati Kediri Tinjau Sanitasi Warga Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana saat mengajak dialog warga. Foto : Ist/BANGSAONLINE.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati , Hanindhito Himawan Pramana, melakukan pengecekan sanitasi dan jamban penerima manfaat bantuan stimulan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kecamatan Badas, , Senin (22/8/2022).

Ia berharap, 100% masyarakat di wilayahnya () atau di tahun depan.

“Program ini yang pada intinya mengintervensi supaya perilaku hidup masyarakat higienis atau terbebas dari penyakit-penyakit lingkungan,” terang Mas Dhito sapaan akrab bupati.

Menurutnya, Kesadaran masyarakat kediri untuk buang air besar di jamban, sudah meningkat. Namun masih 77% masyarakat perlu meningkatkan . Bahkan, Mas Dhito menargetkan tahun 2024, 100% warganya sudah buang air besar di jamban.

“Ini harus menjadi perhatian bagi kepala desa dan camat di Kabupaten . Target saya tahun 2024, dari sisa 23 persen tersebut harus buang air pada tempatnya,” tuturnya.

Ia menambahkan, dalam program STBM, terdapat 5 instrumen. Seperti, tidak buang air besar sembarangan, mencuci tangan menggunakan sabun, mengelola air minum dan makanan yang aman, mengelola sampah rumah tangga dengan aman, serta mengelola limbah cair rumah tangga dengan aman.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO