Sambut Ramadan 1443 H, Gubernur Khofifah Tarawih Perdana di Al Akbar

Sambut Ramadan 1443 H, Gubernur Khofifah Tarawih Perdana di Al Akbar Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, saat salat tarawih perdana di Masjid Al Akbar Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur (Jatim), , mengawali dengan melaksanakan Salat Tarawih perdana di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS), Sabtu (2/4/2022) malam. Melalui Surat Edaran Menteri Agama RI No 6 Tahun 2022, jemaah kini bisa melaksanakan ibadah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Alhamdulillah, Allah telah mempertemukan kita dengan . Syahru Ramadan, Syahrul Mubarak, syahrul jud (bulan memberi) syahrul muwassah (bulan bermurah tangan atau memberi pertolongan kepada yang membutuhkan)," kata Khofifah saat memberi sambutan sebelum pelaksanaan Salat Tarawih.

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan bahwa Bulan Ramadan sangat tepat dimaknai sebagai momen untuk terus meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan serta memperbanyak berbuat kebaikan. Khofifah mengajak umat Islam untuk tidak hanya memperbanyak amal ibadah yang menguatkan hubungan manusia dengan Allah atau hablumminallah.

Melainkan di bulan penuh berkah ini juga harus dijadikan sebagai momen mempererat hubungan antarsesama manusia atau hablumminannas melalui semangat memberi dan berbagi. Bahkan hal tersebut telah dicontohkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW.

"Rasulullah juga memberikan keteladanan untuk lebih banyak berbagi pada bulan Ramadan. Maka mari bersama-sama meneladani Nabi Muhammad SAW untuk memperbanyak infak dan sodaqoh. Mudah-mudahan Allah anugerahkan kesehatan, kekuatan dan rizki yang luas, sehingga kita bisa terus bersodaqoh, berinfaq dan tentu mengeluarkan zakat," urai Khofifah.

Ketika mengakhiri sambutannya, gubernur menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa bagi umat Islam di Jawa Timur. Ia berharap, Ramadan tahun ini bisa dijalani masyarakat dengan penuh kekhusyukan tanpa mengurangi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

"Selamat menyambut bulan suci . Bagi masyarakat yang memulai puasa Ramadan tanggal 2 maupun 3 April, mari kita jaga kebersamaan, persaudaraan, dan saling menghargai, semoga kita semua mendapatkan berkah Ramadan dan meraih kemenangan," tuturnya.

Gubernur tampak bersilaturahmi serta berfoto bersama jemaah usai melaksanakan Salat Tarawih. Selain itu, ia juga menyempatkan diri menyapa masyarakat yang tengah menikmati indahnya air mancur, taman buatan, hingga spot foto yang disediakan oleh pengurus MAS dalam rangka memeriahkan bulan suci .

Dalam Salat Tarawih perdana ini, KH.  bertugas sebagai Imam, kemudian Imam Tarawih kedua adalah , dan sebagai pengisi ceramah adalah . (tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO