Berkat Aplikasi Ini, Pemkab Gresik Raih Penghargaan Smart City Kategori Smart Environment

Berkat Aplikasi Ini, Pemkab Gresik Raih Penghargaan Smart City Kategori Smart Environment Plt Dirjen PPI, Ismail, menyerahkan penghargaan kepada Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik berhasil mendapatkan penghargaan Smart City untuk kategori lingkungan (Environment) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (). 

, Aminatun Habibah (), berkesempatan menerima penghargaan tersebut dari Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos Informatika (Dirjen PPI), Ismail, dalam acara .

Penghargaan itu diraih berkat aplikasi 'Go-Ploong' yang dikembangkan . Yakni program inovasi daring untuk melayani limbah domestik masyarakat setempat, seperti sedot tinja. Inovasi itu diprakarsai oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Gresik.

Wabup Gresik mengapresiasi inovasi tersebut, karena dinilai mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan konsep digital dan mudah.

"Aplikasi itu sebagai upaya pemkab yang bertekad menjadi kota berbasis daring. Go Ploong adalah sebuah layanan untuk masyarakat yang berbasis aplikasi dan pertama di Indonesia," ujarnya, Selasa (14/12).

Menurut dia, smart environment atau lingkungan pintar berarti lingkungan yang bisa memberikan kenyamanan, keberlanjutan sumber daya, lingkungan yang bersih tertata, serta ruang terbuka hijau (RTH) yang representatif.

Ia berharap, torehan prestasi ini menjadi sebagai sebuah motivasi membangun karakter yang inovatif bagi jajaran . Ia berharap, ke depan aplikasi ini benar-benar optimal dilaksanakan dan dibangun secara terencana dengan baik.

"Alhamdulillah atas penghargaan ini. Mudah-mudahan bisa menjadi pemicu dan pemacu agar Go-Ploong lebih bisa dioptimalkan," kata . (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO