Permudah Layanan Perizinan Usaha, DPMPTSP Kabupaten Kediri Jemput Bola Keliling Kecamatan

Permudah Layanan Perizinan Usaha, DPMPTSP Kabupaten Kediri Jemput Bola Keliling Kecamatan DPMPTSP Kabupaten Kediri saat melayani warga yang mengurus NIB. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) melakukan jemput bola keliling ke kecamatan-kecamatan untuk meningkatkan pelayanan bagi pelaku usaha di wilayahnya. Petugas melakukan pendampingan kepada pelaku usaha yang akan melakukan pengurusan perizinan. 

Apalagi, adanya aplikasi Online Single Submission () yang dapat diakses sendiri para pelaku usaha. Melalui sistem tersebut, seluruh perizinan bakal terintegrasi sehingga tidak akan terjadi tumpang tindih antara pusat dan daerah.

"Adanya aplikasi ini, masyarakat bisa mengurus perizinan sendiri dari ponsel dan lebih cepat," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPMPTSP , Eko Sujatmiko, Selasa (7/12).

Meski lebih cepat, kata Eko, penggunaan aplikasi diakui juga menuntut masyarakat untuk terampil dalam dalam menggunakan hal itu. Menurut dia, masih banyak pelaku usaha yang kebingungan, dan petugas diterjunkan ke lapangan dengan mobil keliling untuk melakukan pendampingan.

"Sesuai instruksi Mas Dhito (Bupati Kediri) kita didorong memberikan kemudahan perizinan kepada masyarakat pelaku usaha," tuturnya.

Kondisi di lapangan, lanjut Eko, pelaku usaha terutama yang usianya sudah tua kebingungan ketika ditanya soal email. Ia menuturkan, pengisian aplikasi harus disertai email untuk registrasi supaya mendapatkan kode verifikasi, username, dan password.

Sebagaimana dalam pelayanan keliling di , masyarakat banyak yang tak memiliki email, dan petugas akhirnya harus membuatkan email pemohon terlebih dahulu. Terbukti, setelah memiliki email, dan pemasukan data, tak sampai 20 menit Nomor Induk Berusaha (NIB) berhasil diproses.

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO