Kelenteng Poo An Kiong Kota Blitar Terbakar, Seluruh Patung Dewa dan Dewi Ludes

Kelenteng Poo An Kiong Kota Blitar Terbakar, Seluruh Patung Dewa dan Dewi Ludes Asap tampak membumbung tinggi dari dari Kelenteng Poo An Kiong yang Terbakar. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Kota Blitar terbakar, Senin (22/11) sore. Ketua 1 , Alik Swan Kiang, mengatakan dia menerima laporan dari warga sekitar bahwa kelenteng terbakar sekira pukul 15.50 WIB. Saat itu dia melihat api membesar di ruang utama peribadatan.

"Saya ditelepon sekitar jam empat kurang sepuluh. Saya ke sini kondisi api sudah besar. Saya coba padamkan pakai apar sudah tidak bisa," ujar Alik saat dikonfirmasi.

Dia mengaku tak mengetahui secara pasti asal mula api. Sebab saat kejadian, api sudah membakar area utama tempat peribadatan.

Menurut Alik, kebakaran itu terjadi saat kleenteng dalam posisi tutup. Sebelum ditutup, petugas jaga biasanya memadamkan semua sumber api dan hanya menyisakan lampu listrik saja.

"Kalau jam 3 sore kita tutup, semua lilin dan dupa dimatikan, tinggal lampu listrik saja," ujar Alik.

Selain membakar bangunan kelenteng, barang-barang peribadatan yang ada di dalamnya juga ludes terbakar. Termasuk patung dewa yang ada di dalamnya. "Patung semua habis, terbakar semua," imbuhnya.

Sementara Kapolres Blitar Kota AKBP Yudhi Hery Setiawan mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Polres Blitar juga telah berkoordinasi dengan Labfor Polda Jawa Timur untuk menyelidiki penyebab kebakaran.

"Setelah ini kita akan lalukan proses penyelidikan lebih lanjut. Kita koordinasi dengan Labfor Polda Jatim. Kita tunggu hasil labfor untuk mengetahui penyebab kebakaran," jelasnya.

Sebanyak lima mobil pemadam kebakaran milik Pemkot dan Pemkab Blitar dikerahkan untuk memadamkan api dan melakukan pembasahan di . Selain lima mobil pemadam kebakaran, dua kendaraan tangki air milik Dinas Lingkungan Hidup Kota Blitar dan kendaraan taktis water cannon milik Polres Blitar Kota juga diterjunkan ke lokasi. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO