Peringati Hari Aksara, Sekolah Alam Ramadhani Kenalkan Aksara Kepada Siswa dan ABK

Peringati Hari Aksara, Sekolah Alam Ramadhani Kenalkan Aksara Kepada Siswa dan ABK Kegiatan belajar mengenal aksara yang digelar Sekolah Alam Ramadhani. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati Hari Aksara Internasional yang jatuh pada tanggal 8 September, puluhan anak Sekolah Alam Ramadhani di Kelurahan Mojoroto, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, menggelar belajar mengenal aksara, Rabu (8/9/2021).

Selain mengenalkan alfa beta melalui kegiatan mendongeng, para guru juga mengenalkan huruf arab dan juga huruf jawa, kepada anak-anak berkebutuhan khusus (ABK).

"Kegiatan mendongeng ini selain untuk menambah kedekatan orang tua dengan anak, juga melalui bercerita atau membacakan buku kepada anak adalah upaya pengenalan aksara, dan menumbuhkan kebahasaan sejak usia dini," kata Aulya, Kepala Sekolah Alam Ramadhani, Rabu (8/9).

Menurutnya, di Sekolah Alam Ramadhani saat ini terdapat 70 siswa yang 12 di antaranya merupakan anak berkebutuhan khusus. Mereka belajar dibagi secara kelompok agar guru lebih fokus dalam mengajar siswanya.

"Dalam ini, kita mengenalkan 3 bahasa kepada anak didik kami. Yakni bahasa Indonesia, bahasa Arab dan bahasa Jawa. Semoga dengan momen ini, anak-anak lebih mengenal aksara, sehingga tidak hanya sebagai upaya pemberantasan buta aksara, tetapi penumbuhkembangan literasi anak," ujar Aulya.

Dia juga berharap melalui kegiatan ini, akan berdampak pada meningkatnya kesadaran literasi pada anak-anak khususnya, dan masyarakat umum yang tingkat literasinya masih rendah. Sehingga mampu membawa masa depan yang lebih baik.

Salah satu siswa Sekolah Alam Ramadhani yang tampil dalam kegiatan peringatan ini adalah Nova Lutfi Azarima. Ia membacakan puisi yang berisi tentang aksara, yakni a-i-u-e-o, a-ba-ta-tsa, dan ha-na-ca-ra-ka.

"Semoga dengan puisi yang saya bacakan tadi, teman-teman lebih memahami dan mengenal aksara. Karena aksara merupakan cikal bakal bahasa," katanya. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO