Akibat Mobil Tesla Kecelakaan, Pakai Autopilot Ditangkap

Akibat Mobil Tesla Kecelakaan, Pakai Autopilot Ditangkap Dahlan Iskan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kecelakaan mobil Tesla pada 17 April lalu terus menjadi perdebatan. Tapi kontroversi pemakaian selesai.

Lalu bagaimana kelanjutannya? Silakan simak tulisan Dahlan Iskan di Disway dan BANGSAONLINE.com hari ini, Senin 17 Mei 2021. Selamat membaca:

AKHIRNYA polisi sepakat dengan Tesla: kecelakaan itu tidak ada hubungannya dengan .

Itu berarti, polisi Texas harus meralat keterangan awalnya. Yang begitu pasti: tidak ada pengemudi ketika kecelakaan itu terjadi –tanggal 17 April lalu. Menjelang tengah malam. Jam 23.25.

Pertanyaan yang tersisa: kenapa mayat dokter William Varner ditemukan terduduk di kursi belakang. Sedang temannya, Everette Talbot, tetap di kursi depan, sebelah kanan.

Polisi memang tidak sepenuhnya salah. Waktu dilakukan pemeriksaan di lokasi, benar-benar ditemukan tidak ada orang (mayat) di kursi pengemudi. Hanya saja menyimpulkan bahwa kecelakaan ini akibat terlalu buru-buru.

Mungkin, begitu melihat Tesla, imajinasi polisi langsung ke . Kesan bahwa Tesla itu mobil yang bisa berjalan sendiri rupanya begitu kuat.

Di tulisan pertama dulu, saya juga menyimpulkan bahwa kecelakaan itu tidak jauh dari rumahnya. Kecepatan mobil itu mestinya juga tidak tinggi. Itu setelah saya melihat peta di Google. Saya cari lokasi kecelakaan itu. Saya lihat kecelakaan itu terjadi di jalan kuldesak (buntu). Juga dekat jalan melengkung.

Hanya saja, waktu itu, saya tidak tahu persis di mana posisi rumah dokter William. Barulah kemarin ada keterangan jelas: rumah William hanya sekitar 150 meter dari lokasi kecelakaan.

Berarti tempat tinggal pemilik Tesla model S itu di perumahan kuldesak itu juga. Berarti, ketika terjadi kecelakaan, kecepatannya belum tinggi. Pun seandainya istri dokter William masih di depan rumah dia akan bisa melihat kobaran api itu dari rumahnyi.

Malam itu dokter William dan Talbot makan malam. Bersama istri mereka. Talbot adalah teman baik William. Ia pengusaha bidang keuangan. Rumah mereka beda kota tapi dua kota kecil itu berimpitan.

Setelah makan mereka ke rumah Talbot dulu. Untuk mengantar istri Talbot. Lalu ke rumah William untuk mengantar istri William.

Tak lama kemudian William dan Talbot kembali ke mobil. Hendak keluar berdua.

Yang polisi sulit mengelak adalah: data kamera di rumah William. Dari rekaman itu terlihat William memasuki pintu kiri depan Tesla. Berarti William duduk di kursi pengemudi.

Juga terlihat, di rekaman itu, Talbot membuka pintu depan kanan. Lalu duduk di kursi depan kanan.

Bahwa polisi tidak menemukan mayat terbakar di kursi pengemudi, itulah yang harus diperdebatkan. Tapi itu lebih mudah menjawabnya.

Dari tiga kemungkinan, hanya satu yang paling kuat: dokter William sengaja pindah ke kursi belakang. Itu dilakukan setelah terjadi kecelakaan. Mungkin ia tidak bisa lagi membuka pintu depan. Kemungkinan lain, ia ingin menjauh dari api. Yang sudah mulai menyala di bagian depan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO