Sabtu, 19 Juni 2021 20:26

Revolusi Energi untuk Kebangkitan Negeri

Senin, 10 Mei 2021 05:19 WIB
Editor: mma
Revolusi Energi untuk Kebangkitan Negeri
Dahlan Iskan

Oleh: Dahlan Iskan --- LEBARAN kompak: hari Kamis, 13 Mei 2021. Maka, Disway edisi Rabu, Kamis, Jumat di sekitar Lebaran itu, saya akan menurunkan tiga tulisan tentang kebijakan energi untuk kebangkitan negeri.

Lebaran tahun ini banyak waktu untuk membaca, merenung, dan merumuskan langkah penting ke depan. Terutama bagaimana kita bisa bangkit pasca-kena gebuk Covid-19.

Tiga hari di rumah saja –tanpa mudik, tanpa kunjungan, tanpa berkerumun– adalah waktu terbaik untuk merumuskan sesuatu yang sangat serius.

Dunia berubah total –juga di bidang energi. Padahal, energi bagi negeri adalah ibarat darah pada manusia. Kalau darah kita sehat, seluruh tubuh akan sehat.

BACA JUGA : 

Bukan Obat, Bukan Vaksin, Tak Diakui, Tapi Timbulkan Antibodi-Protektif pada Covid-19, Apa Itu?

Sudah Divaksin, 9 Anggota DPRD Surabaya Tertular Covid-19

Sikap Tionghoa Masa Peralihan: Pro Belanda, Netral, dan Pro Kemerdekaan

Tanpa Perang Pertumpahan Darah, Mochtar Kusumaatmadja Membuat Luas Indonesia Dua Kali Lipat

Saat ini tekanan darah kita sangat lemah. Kita bisa tiba-tiba lemas dan pingsan. Tapi, sekaligus kita menghadapi ancaman tekanan darah tinggi. Yang akan membuat kita tiba-tiba strok.

Saya sendiri hanya akan salat Idul Fitri di halaman rumah di Surabaya. Seperti tahun lalu. Di bawah pohon mangga. Di depan studio gamelan.

Salat itu hanya diikuti istri, anak, cucu, menantu. Total 12 orang. Tambah suporter keluarga masing-masing. Mungkin jadi 16 orang.

Saya yang khotbah –pendek saja. Sopir saya, Kang Sahidin, yang jadi imam. Ia belajar di pesantren lebih lama daripada saya. Setamat SD, ia tidak pernah sekolah lagi kecuali di pesantren. Kang Sahidin pula yang jadi imam salat Tarawih di rumah sepanjang Ramadan.

Waktu selebihnya akan saya manfaatkan untuk berpikir: jalan revolusioner apa yang sebaiknya kita tempuh untuk merombak total sistem energi kita. Termasuk kalau perlu melawan apa saja –untuk kejayaan negara.

Dari tulisan tiga hari itu, saya membuka diri untuk disanggah, ditanya, ditentang, dicerca, dan diapakan saja. Itu akan membuat saya terus berpikir. Agar hidup ini bisa lebih hidup.

Tanggapan itu, seberapa banyak pun, akan saya komentari lewat video di Energi Disway.

Semua komentar bisa dikirim lewat e-mail khusus: [email protected] Akan ada yang membacakan e-mail itu di depan kamera. Untuk kemudian saya berikan komentar.

Bahkan, silakan kalau pertanyaan, tanggapan, dan apa saja itu disampaikan lewat video pendek: maksimum 2 menit. Kirimkan video itu ke: [email protected] Hanya, tolong videonya yang bagus, terutama pencahayaannya. Agar ketika ditayangkan tidak menyiksa mata pemirsa.

Sampai ketemu Rabu, Kamis, dan Jumat. Dan hari-hari adu komentar setelah itu.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 2021. Maafkan lahir batin. Saya doakan Anda. Mohon doakan juga saya: selamat dunia akhirat.

Gelar Pertemuan, Anggota Poktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota Gapoktan Sumber Rejeki mendatangi rumah Sumadi, yang juga menjabat kepala Dusun, untu...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Sabtu, 19 Juni 2021 07:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Abraham Lincoln menjadi tonggak sejarah bagi penghapusan perbudakan di Amerika Serikat (AS). Salah satu legacy Lincoln adalah UU anti diskriminasi.Kini terhapusnya perbudakan itu dijadikan hari kemerdekaan. Terut...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...