Terdampak Refocusing Anggaran, Balai Benih Ikan Milik Dinas Perikanan Kota Probolinggo Terbengkalai

Terdampak Refocusing Anggaran, Balai Benih Ikan Milik Dinas Perikanan Kota Probolinggo Terbengkalai Balai benih ikan milik Dinas Perikanan Kota Probolinggo di Kelurahan Kedungasem, Kecamatan Wonoasih. (foto: ist)

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Balai benih ikan milik Dinas Perikanan Kota Probolinggo terbengkalai. Bahkan, kondisinya sangat memprihatinkan. Balai benih tersebut lokasinya berada di Kelurahan Kedungasem, Kecamatan Wonoasih.

Berdasarkan pantauan di lapangan, balai benih ikan itu kurang lebih seluas 3 hektare. Sebagian kolamnya tidak berfungsi. Bahkan, kondisi bangunan plengsengan di sebelah sisi barat rusak.

“Balai benih itu tetap beroperasi, namun sekarang masih ditunda pengoperasiannya,” ujar Lurah Kedungasem Yudo Pratomo saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (21/4/2021).

Menurut dia, benih ikan di balai benih itu dibudidayakan. Bahkan, pihak kelurahan sendiri pernah diberi bantuan oleh pihak balai dan dibudidayakan di aliran sungai belakang kantor kelurahan.

Secara terpisah, Plt. Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kota Probolinggo Yoyok Imam Siswahyudi saat dikonfirmasi wartawan menjelaskan jika tidak beroperasinya balai benih itu karena adanya refocusing anggaran. Selain itu, adanya kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang menghapus status UPT.

"Sehingga semua kegiatannya masuk pada bagian seksi di dinas perikanan," katanya. (ugi/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO