Senin, 17 Mei 2021 23:27

Bupati Gus Yani Ajak FKUB dan Masyarakat Bersama-sama Membangun Gresik

Selasa, 20 April 2021 15:59 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Bupati Gus Yani Ajak FKUB dan Masyarakat Bersama-sama Membangun Gresik
Bupati Gus Yani bersama para tokoh yang tergabung dalam FKUB. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) mengajak Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Gresik untuk bersama-sama membangun Kabupaten Gresik.

Hal itu dikatakannya saat membuka sosialisasi Peraturan Bersama Menteri Agama Nomor 9 tahun 2006 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 8 tahun 2006 tentang pedoman pelaksanaan tugas kepala daerah/wakil kepala daerah dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama, pemberdayaan forum kerukunan umat beragama, dan pendirian rumah ibadat, Selasa (20/4/2021).

"Kekuatan bangsa Indonesia karena adanya toleransi umat beragama. Hal demikian juga yang terjadi di Gresik. Beragam agama yang ada di Indonesia bisa guyub dan rukun berdampingan bisa kita lihat juga pada kehidupan masyarakat Gresik," kata Gus Yani di Ruang Mandala Bakti Praja Kantor Bupati Gresik.

Di hadapan anggota FKUB dan 250 undangan lain dari beberapa kelompok masyarakat, serta unsur pemerintah dari tingkat pemerintahan desa dan kelurahan sampai pada tingkat RT dan RW, bupati mengajak untuk tetap menjaga kerukunan antarumat beragama di seluruh wilayah Gresik.

BACA JUGA : 

Wabup Bu Min Ingin Ngantor di Desa, Ketua AKD Mendukung

Patroli Bersama Bupati dan Dandim, Kapolres Gresik Pastikan Tak Ada Takbir Keliling

Segera Dibangun, RS Gresik Selatan Berpeluang Didirikan di Desa Tanjung Kedamean

Bupati Gus Yani Serahkan JPS kepada 24.532 Guru Ngaji dan Marbot

Hal ini mengacu pada Peraturan Bersama Menteri Agama Nomor 9 tahun 2006 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 8 tahun 2006.

"Kami dan masyarakat sangat merasakan bahwa peran FKUB Kabupaten Gresik sudah sangat banyak dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan di masyarakat. Selama ini FKUB sudah berperan dalam menjaga dan memupuk kerukunan antarumat beragama di Gresik. Itu bukan pekerjaan yang mudah," ucapnya.

Sementara Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemkab Gresik Darman berharap peraturan bersama Menteri Agama dan Mendagri bisa memberikan dampak positif bagi peningkatan kerukunan dan kedamaian di Kabupaten Gresik.

"Kita berharap ada peningkatan peran FKUB dalam merawat kerukunan di Indonesia, tentu dengan dukungan optimal dari pemerintah daerah," pungkasnya. (hud/ian)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Sabtu, 15 Mei 2021 22:16 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bunga tabebuya, khususnya yang berwarna kuning, bermekaran lagi di jalanan Kota Surabaya. Bunga berwarna kuning indah itu semakin mempercantik jalanan, terutama jalan protokol pada saat Idul Fitri atau lebaran kali i...
Senin, 17 Mei 2021 18:27 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Munculnya buzzer dan influencer dalam media sosial (medsos) mengungkap realitas sosial keagamaan secara telanjang. Fenomena ini terlihat dari konten atau narasi yang diproduksi para buzzer dan influencer. Umpatan kasar...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...