Sabtu, 08 Mei 2021 19:28

Direspons BPIP, Pemkot Kediri Usulkan Produk Hukum Daerah Menginternasilasi Nilai Luhur Pancasila

Rabu, 31 Maret 2021 09:56 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Muji Harjita
Direspons BPIP, Pemkot Kediri Usulkan Produk Hukum Daerah Menginternasilasi Nilai Luhur Pancasila
Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Kediri, Edi Darmasto (kanan) dan Pejabat Pemkot Kediri lainnya saat mengikuti rapat virtual yang digelar oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Selasa, (30/3/2021). foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pancasila sebagai dasar negara memiliki peranan penting dalam setiap aspek kehidupan, baik pemerintahan, sosial, ekonomi, maupun kebudayaan. Melihat urgensitas tersebut, Pemerintah Kota Kediri berkomitmen bersama dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) menginternalisasi Nilai Luhur Pancasila.

Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Kediri, Edi Darmasto mengusulkan sejumlah rumusan terkait internalisasi nilai-nilai luhur Pancasila pada produk hukum daerah. Usulan tersebut disampaikan dalam rapat virtual yang digelar oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP), Selasa (30/3).

“Saya berharap produk-produk hukum yang ada di daerah supaya lebih bisa menginternalisasi nilai-nilai luhur Pancasila, untuk itu diperlukan beberapa upaya-upaya yang sistematis,” terang Edi.

Edi mengatakan upaya-upaya tersebut meliputi tiga hal penting. Di antaranya perlu adanya pedoman nilai-nilai Pancasila yang akan diterapkan pada produk hukum daerah yang dirumuskan oleh BPIP, peningkatan nilai luhur Pancasila ke ASN dan DPR yang dikemas dalam kegiatan yang kreatif dan inovatif, terutama untuk generasi milenial.

BACA JUGA : 

Wali Kota Kediri Bersama Forkopimda dan Ulama Ajak Masyarakat Salat Idul Fitri di Rumah

Wali Kota Kediri Luncurkan Pusaka, Toko dan Swalayan Modern Wajib Sediakan Etalase untuk Produk UMKM

Kabar Gembira untuk Hafiz Quran, Wali Kota Kediri Siapkan Beasiswa

Wali Kota Kediri Salurkan Zakat Melalui NU Care-LAZISNU

“Di samping itu saya miris dengan fenomena yang ada di media sosial, yang mana masih banyak yang tidak hafal Pancasila. Jadi perlu ada kiat-kiat khusus yang inovatif dan kreatif untuk menarik minat para millennial dan generasi Z meneladani nilai-nilai luhur Pancasila.” ujar Edi.

Usulan tersebut direspons baik oleh BPIP. Fachrur, Direktur Pengendalian mengonfirmasi bahwa saat ini pihaknya sedang mempersiapkan sebuah program yang sejalan dengan kebutuhan generasi millenial.

“Kami telah sepakat membuat beberapa program yang berbasis generasi millennial, di antaranya seperti bimtek untuk generasi muda yang berpotensi melakukan kegiatan positif di media sosial dengan kemasan yang lebih kekinian,” jelasnya.

Sementara itu Apeksi juga berkomitmen merumuskan edukasi dan saluran komunikasi terkini, sehingga internalisasi nilai-nilai luhur Pancasila dapat terpublikasikan dan diteladani dengan baik. (uji).

Awal Mula Tarawih Cepat di Ponpes Hidayatullah Al Muhajirin Bangkalan
Jumat, 07 Mei 2021 23:44 WIB
BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ada fenomena yang selalu viral setiap Bulan Ramadan, yakni Salat Tarawih Cepat. Jika di Indramayu ada pesantren yang menuntaskan salat tarawih 23 rakaat dalam durasi hanya 6 menit, di Bangkalan juga ada pesantren ya...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 08 Mei 2021 09:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Genre baru persuratkabaran dimulai dari Singapura. Koran terkemuka di negeri singa itu mengubah diri menjadi not for profit. Perubahan drastis ini dilakukan setelah mengalami kemerosotan yang terus terjadi.Tapi apa beda...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...