Wagub Emil: Seperenam Ekonomi Indonesia Ada di Jatim

Wagub Emil: Seperenam Ekonomi Indonesia Ada di Jatim Dr. H. Emil Elestianto Dardak, B.Bus., M.Sc. saat memberikan sambutan dalam peresmian Marketing Gallery Dacota City di Cerme - Gresik.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Seperenam ekonomi Indonesia ada di Jawa Timur (Jatim) dan Jatim menjadi wilayah kedua setelah Jakarta. Hal ini dikatakan Wakil Gubernur Jatim, Dr. H. Emil Elestianto Dardak, B.Bus., M.Sc. saat memberikan sambutan pada peresmian Marketing Gallery Dacota City di Cerme - Gresik, Sabtu (27/3/2021).

"Padahal berapa provinsi yang ada di Indonesia. Jika dikatakan karena banyak populasi di Jatim, tidak. Terbanyak ya di Jawa Barat (Jabar). Pengusahanya yang luar biasa," ungkap Emil.

Ia mengungkapkan beberapa wilayah yang berkontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi di Jatim, salah satunya yakni Gresik. Menurutnya, setengah dari ekonomi Jatim ada di 5 wilayah, yakni Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, dan Pasuruan. Surabaya sendiri berkontribusi 25 persen atau seperempat dari wilayah Jatim.

Namun terkait masalah hunian, lanjut Emil, di Surabaya sudah tidak ada lagi lahan untuk tempat hunian. Karena itu, generasi milenial bisa mencari hunian di sekitar Surabaya. "Kalau dulu ke Sidoarjo, sekarang mulai berkembang di Gresik," kata orang nomer dua di Jatim tersebut.

Suami dari Arumi Bachsin ini mengatakan, Gresik Selatan potensial untuk dijadikan kawasan layak huni. Sebab di Gresik Utara bakal dijadikan kawasan industri. Seperti yang dilakukan Tanrise Properti, dengan menghadirkan proyek baru, yakni Dakota City.

"Prinsip pemerintah adalah semua bisa mudah. Tetapi mari kita bermitigasi, jangan sampai ada dampak lingkungan dari pembangunan. Pengusaha atau investor juga harus paham itu, jadi kita bisa duduk bareng bagaimana cara mengantisipasi kemungkinan buruk, kita cegah, dan kita selesaikan. Dan terpenting dengan adanya pembangunan bisa menerapkan lapangan kerja," tutupnya. (dra/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'SNG Cargo: Warna Baru Industri Logistik di Indonesia':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO