Senin, 21 Juni 2021 18:20

Sertijab, Gubernur Khofifah Sampaikan Tiga Pesan ke Bupati Blitar

Rabu, 03 Maret 2021 17:03 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Akina Nur Alana
Sertijab, Gubernur Khofifah Sampaikan Tiga Pesan ke Bupati Blitar
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa memberi sejumlah pesan kepada Bupati dan Wakil Bupati Blitar Rini Syarifah-Rahmad Santoso saat serah terima jabatan (sertijab) Bupati dan Wakil Bupati Blitar di Kantor DPRD Kabupaten Blitar, Rabu (3/3/2021). (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa memberi sejumlah pesan kepada Bupati dan Wakil Bupati Blitar Rini Syarifah-Rahmad Santoso saat serah terima jabatan (sertijab) Bupati dan Wakil Bupati Blitar di Kantor DPRD Kabupaten Blitar, Rabu (3/3/2021).

Pertama, Khofifah meminta bupati dan wakil bupati (wabup) terpilih segera membedah lebih lanjut rencana proyek pembangunan di kawasan Gunung Wilis atau biasa disebut Selingkar Wilis. Program Selingkar Wilis telah ditetapkan sebagai kawasan strategis untuk percepatan pembangunan nasional seiring dengan telah diterbitkannya Perpres No. 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gerbang Kertosusila-BTS-Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

Pembangunan Selingkar Wilis nantinya akan menghubungkan wilayah di sekitar Gunung Wilis yang terdiri dari 13 kabupaten/kota. Di antaranya, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Ponorogo, Kabupaten Madiun, Trenggalek, Kabupaten Kediri, Kabupaten Pacitan, Tulungagung, Kota Kediri, Kota Madiun, dan Kabupaten Nganjuk.

"Ada Kabupaten Blitar bahkan satu titik di Kota Blitar saya ingin bupati dan wabup terpilih terkonfirmasi supaya mereka segera bisa membedah lebih lanjut terkait rencana pembangunan ini baik dari sumber pembiayaan dan aspek lain untuk percepatan pembangunan," ujar Khofifah.

BACA JUGA : 

Pesepeda Asal Blitar Meninggal Saat Makan Nasi Pecel di Wates Kediri

Cegah Lonjakan Covid-19, Pemkot Blitar Perketat Pengawasan di Lokasi Wisata

Balap Liar di Sekitar Bendungan Jegu, Ratusan Pemuda Diamankan Polisi

Berhenti di Traffic Light, Minibus Berpenumpang Bayi 2 Bulan Tertimpa Pohon

Kemudian, dia juga meminta agar bupati dan wakil bupati melakukan pemetaan potensi wisata di Kabupaten Blitar. Kata dia, Kabupaten Blitar memiliki banyak potensi wisata yang bisa masuk dalam Bangga Wisata Indonesia (BWI). Sehingga perlu pemetaan lebih detail agar daya jual masing-masing destinasi wisata bisa terkoneksi satu sama lain.

"Blitar punya banyak potensi untuk Bangga Wisata Indonesia atau BWI. Sekarang ini kan selain Bangga Buatan Indonesia juga ada BWI. Jadi perlu pemetaan lebih detail sehingga daya jual masing-masing wisata bisa terkoneksi. Misalnya di sini ada Kampung Cokelat yang sangat terkenal, itu bisa diciptakan one day tour dan disinergikan dengan destinasi wisata lainnya, sehingga dapat membantu pelaku wisata untuk terus berkembang dan membangkitkan kembali perekonomian di masa pandemi Covid-19," ujar Khofifah.

Selain itu, Khofifah juga meminta Bupati dan Wakil Bupati Blitar untuk memberi perhatian kepada para peternak ayam soal stabilisasi harga. "Kalau cerita ayam dan telur pasti top of mind adalah Blitar karena itu hal-hal yang terkait stabilisasi harga ayam dan telur jadi penting karena ini berpengaruh pada peternak di Blitar," tegasnya.

Ditemui usai sertijab, Wakil Bupati Blitar Rahmad Santoso memastikan pascadilantik dirinya bersama Bupati Rini Syarifah akan langsung bergerak menjalankan tugasnya sebagai kepala daerah periode baru. Termasuk instruksi dan pesan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

"Kami langsung kerja termasuk penanganan Covid-19 dan pesan-pesan yang disampaikan Ibu Gubernur siap kami laksanakan," ujar Rahmad. (ina/zar)

Gelar Pertemuan, Anggota Poktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota Gapoktan Sumber Rejeki mendatangi rumah Sumadi, yang juga menjabat kepala Dusun, untu...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Senin, 21 Juni 2021 06:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Meski diblokade oleh Amerika Serikat (AS), ternyata Iran tetap berkembang. Bahkan ilmu kedokteran di negeri para mullah itu berkembang sangat dahsyat. Termasuk transplantasi hati. Dokternya, Dr Ali Malek Hossein...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...