Selasa, 20 April 2021 05:52

Sertijab, Gubernur Khofifah Sampaikan Tiga Pesan ke Bupati Blitar

Rabu, 03 Maret 2021 17:03 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Akina Nur Alana
Sertijab, Gubernur Khofifah Sampaikan Tiga Pesan ke Bupati Blitar
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa memberi sejumlah pesan kepada Bupati dan Wakil Bupati Blitar Rini Syarifah-Rahmad Santoso saat serah terima jabatan (sertijab) Bupati dan Wakil Bupati Blitar di Kantor DPRD Kabupaten Blitar, Rabu (3/3/2021). (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa memberi sejumlah pesan kepada Bupati dan Wakil Bupati Blitar Rini Syarifah-Rahmad Santoso saat serah terima jabatan (sertijab) Bupati dan Wakil Bupati Blitar di Kantor DPRD Kabupaten Blitar, Rabu (3/3/2021).

Pertama, Khofifah meminta bupati dan wakil bupati (wabup) terpilih segera membedah lebih lanjut rencana proyek pembangunan di kawasan Gunung Wilis atau biasa disebut Selingkar Wilis. Program Selingkar Wilis telah ditetapkan sebagai kawasan strategis untuk percepatan pembangunan nasional seiring dengan telah diterbitkannya Perpres No. 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gerbang Kertosusila-BTS-Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

Pembangunan Selingkar Wilis nantinya akan menghubungkan wilayah di sekitar Gunung Wilis yang terdiri dari 13 kabupaten/kota. Di antaranya, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Ponorogo, Kabupaten Madiun, Trenggalek, Kabupaten Kediri, Kabupaten Pacitan, Tulungagung, Kota Kediri, Kota Madiun, dan Kabupaten Nganjuk.

"Ada Kabupaten Blitar bahkan satu titik di Kota Blitar saya ingin bupati dan wabup terpilih terkonfirmasi supaya mereka segera bisa membedah lebih lanjut terkait rencana pembangunan ini baik dari sumber pembiayaan dan aspek lain untuk percepatan pembangunan," ujar Khofifah.

BACA JUGA : 

Pro-Kontra Wabup Blitar Tinggal di Pendopo, Dua Massa Saling Berhadapan

Warga Jimbe Blitar Tewas Tenggelam Usai Kencan di Pinggir Sungai Brantas

Ditemukan Tulang Kerangka Wanita di Hutan Lindung

Tentukan Awal Ramadan, Hilal Tak Terlihat di Bukit Banjarsari Blitar

Kemudian, dia juga meminta agar bupati dan wakil bupati melakukan pemetaan potensi wisata di Kabupaten Blitar. Kata dia, Kabupaten Blitar memiliki banyak potensi wisata yang bisa masuk dalam Bangga Wisata Indonesia (BWI). Sehingga perlu pemetaan lebih detail agar daya jual masing-masing destinasi wisata bisa terkoneksi satu sama lain.

"Blitar punya banyak potensi untuk Bangga Wisata Indonesia atau BWI. Sekarang ini kan selain Bangga Buatan Indonesia juga ada BWI. Jadi perlu pemetaan lebih detail sehingga daya jual masing-masing wisata bisa terkoneksi. Misalnya di sini ada Kampung Cokelat yang sangat terkenal, itu bisa diciptakan one day tour dan disinergikan dengan destinasi wisata lainnya, sehingga dapat membantu pelaku wisata untuk terus berkembang dan membangkitkan kembali perekonomian di masa pandemi Covid-19," ujar Khofifah.

Selain itu, Khofifah juga meminta Bupati dan Wakil Bupati Blitar untuk memberi perhatian kepada para peternak ayam soal stabilisasi harga. "Kalau cerita ayam dan telur pasti top of mind adalah Blitar karena itu hal-hal yang terkait stabilisasi harga ayam dan telur jadi penting karena ini berpengaruh pada peternak di Blitar," tegasnya.

Ditemui usai sertijab, Wakil Bupati Blitar Rahmad Santoso memastikan pascadilantik dirinya bersama Bupati Rini Syarifah akan langsung bergerak menjalankan tugasnya sebagai kepala daerah periode baru. Termasuk instruksi dan pesan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

"Kami langsung kerja termasuk penanganan Covid-19 dan pesan-pesan yang disampaikan Ibu Gubernur siap kami laksanakan," ujar Rahmad. (ina/zar)

Polisi dan Tukang Becak, Madura Kok Dilawan
Senin, 19 April 2021 21:38 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episoode ke-8 ini mereview tukang becak asal Madura yang dihadang polisi karena dianggap melanggar rambu-rambu lalu lintas. Di jalan raya itu memang tertancap rambu lalu lintas berupa ga...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 19 April 2021 05:29 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dua guru besar ini punya integritas dan reputasi tinggi di bidangnya masing-masing. Nah, Dahlan Iskan kali ini tak banyak menulis. Tapi menurunkan pandangan dua profesor yang dua-duanya kontra dan kritis terhadap Vaksin...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...