Lujeng: Skor Debat Adalah Penipuan Publik, Bentuk Penggiringan Opini

Lujeng: Skor Debat Adalah Penipuan Publik, Bentuk Penggiringan Opini Lujeng Sudarto. Foto kanan, skor hasil debat Cawali-Cawawali Pasuruan yang beredar di media sosial.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Direktur Pusat Studi & Advokasi Kebijakan, Lujeng Sudarto mengingatkan kepada warga Kota Pasuruan untuk mengabaikan lalu lintas informasi di media sosial yang mengarah kepada hoax menjelang coblosan pada 9 Desember. Lujeng menanggapi secara kritis skor hasil debat Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan.

"Namanya skor itu secara statistik kalau dihitung dan dijumlah menjadi 100 poin, berapa pun jumlah calonnya. Kalau seperti yang sudah beredar, tidak jelas lembaganya yang melakukan reset, bagaimana metodologinya, siapa respondennya, kapan dilakukan dan di mana pengambilan sampling, kok tiba-tiba muncul skor semacam itu," cetus Lujeng menanggapi beredarnya skor hasil debat Cawali-Cawawali Pasuruan.

"Masak belum ada satu jam pasca debat sudah beredar hasil skor tersebut di media sosial. Dan anehnya, yang beredar hanya di jagat medsos Pasuruan saja, kelihatan sekali kalau sudah dipersiapkan secara ngawur dengan pretensi untuk melakukan penyesatan informasi. Ada kepentingan apa?," ujarnya.

Karena itu, ia menilai hasil skor debat adalah akal-akalan pihak tertentu. Termasuk, adanya skor debat dari kabupaten lain. Menurutnya, hal itu agar hasil skor debat di Kota Pasuruan dianggap benar.

"Coba diteliti dan bandingkan, terlihat sekali kalau skor dibuat secara asal-asalan dan tidak konsisten. Saya sudah ngecec di media sosial beberapa kota-kabupaten yang menyelenggarakan debat publik pada Pilkada serentak 2020, tidak ada yang memviralkan hasil skoring debat antar calon kepala daerah. Saya meyakini itu berasal dari sumber yang sama," urainya.

"Perilaku semacam itu sangat manipulatif, sengaja pamer kebodohan di ruang publik," tandas Lujeng yang juga Direktur LBH Pijar tersebut kepada BANGSAONLINE.com melalui apliksi percakapan WhatsApp, Ahad (6/12).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO