Kamis, 28 Januari 2021 00:31

Dianggap Hina Kiai Kharismatik, Forum Santri Polisikan Mantan Anggota DPRD Gresik

Sabtu, 05 Desember 2020 20:33 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Dianggap Hina Kiai Kharismatik, Forum Santri Polisikan Mantan Anggota DPRD Gresik
Forum Santri Gresik saat laporkan H. Nawawi Kasiadi ke Polsek Menganti. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Forum Alumni Santri Pondok Pesantren (Ponpes) Mamba'us Sholihin Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, mempolisikan mantan Anggota DPRD Gresik, H. Nawawi Kasiadi ke Polsek Menganti, Sabtu (5/12/2020).

Langkah itu dilakukan setelah Nawawi Kasiadi, warga Desa Hulaan, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, dianggap telah menghina Pengasuh Ponpes Mamba'us Sholihin, KH. Masbuhin Faqih.

Laporan itu terkait komentar Nawawi Kasiadi di grup WhatsApp Warga Nahdliyyin Gresik, menanggapi video berisi statement KH. Masbuhin Faqih yang merestui pencalonan Cabup No. 2 Fandi Akhmad Yani (Gus Yani).

Dalam grup itu, Nawawi menulis: "Ngomonge wis gak teteh.... ngomong opo iki... Ngomong ngae wis gak jelas kok Sik Melik ngurusi politik...sadar....sadar....umur Riko kari mek sak gongan.....," tulis H. Nawawi Kasiadi mengomentari video tersebut.

Komentar Nawawi Kasiadi pun memantik reaksi kemarahan para santri dan alumni Pondok Pesantren Mambaus Sholihin. Apalagi, KH. Masbuhin Faqih dianggap sebagai kiai sepuh dan kharismatik.

Ketua Forum Silaturahim Santri (Forsis) Mama'us Sholihin Gresik, Ahmad Shodiq mengatakan, ujaran penghinaan tersebut sudah kelewat batas. Menurutnya, penghinaan itu sangat melukai hati umat islam khususnya warga NU Gresik.

"Kami mengecam keras pelaku penghina Kiai Masbuhin Faqih. Beliau salah satu masyayikh dan kiai sepuh NU di Gresik. Ini sudah melampaui batas dan sangat melukai hati para santri," kata Shodiq, Sabtu (5/12/20) petang.

Untuk itu, lanjut Shodiq, pelaku harus mempertanggungjawabkan apa yang telah dilakukannya. 

"Karena kita semua tahu, beliau (KH. Masbuhin Faqih, red) adalah kiai sepuh panutan yang tidak diragukan lagi kesholehannya dan keilmuannya, serta kontribusinya dalam membangun masyarakat Gresik yang notabenenya adalah Kota Santri," jelasnya.

Warga NU yang terdiri para santri dan alumni sejumlah Pondok Pesantren di Gresik kemudian melaporkan Nawawi Kasiadi ke Polsek Menganti. Bahkan, ratusan santri juga mendatangi rumah Nawawi Kasiadi agar meminta maaf. Namun, sejauh itu Nawawi Kasiadi belum nampak.

Sekadar diketahui, KH. Masbuhin Faqih adalah kiai dan ulama yang berpengaruh di Kabupaten Gresik. Selain itu, KH. Masbuhin Faqih diketahui juga memiliki silsilah yang mulia dan agung, yakni sampai ke Sunan Giri. Kalau dirunut, KH. Masbuhin Faqih adalah keturunan ke-12 dari Kanjeng Sunan Giri Syekh Maulana Ishaq.

Sementara H. Nawawi Kasiadi belum bisa dikonfirmasi terkait laporan dugaan penghinaan terhadap KH. Masbuhin Faqih. Saat dihubungi BANGSAONLINE.com, ia belum menjawab. (hud/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...