Kamis, 28 Januari 2021 00:42

Komit Bantu Gerakkan Kembali Ekonomi Jatim, Kadin Gelar INAPRO 2020 yang Diikuti 200 IKM

Kamis, 19 November 2020 22:35 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Nanang Fachrurozi
Komit Bantu Gerakkan Kembali Ekonomi Jatim, Kadin Gelar INAPRO 2020 yang Diikuti 200 IKM
Dari kiri: Yusuf Karim Ungsi, Adik Dwi Putranto, dan Khofifah Indar Parawansa meninjau stan pameran INAPRO EXPO 2020.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur menggelar pameran “INAPRO Expo 2020” yang diikuti oleh sekitar 200 IKM di Jatim dengan konsep Hybrid. Yaitu, INAPRO Expo Offline pada tanggal 19 sampai dengan 22 November di Grand City, Surabaya dan INAPRO Virtual Expo dapat dikunjungi melalui webiste ProdukLokal.com.

INAPRO Expo 2020 merupakan pameran edisi pertama yang dihelat Kadin Jawa Timur bekerja sama dengan PT. Amara Satu Raya atau One Event.

Ketua Umum Kadin Jawa Timur Adik Dwi Putranto mengatakan, Pameran INAPRO Expo 2020 ini merupakan bentuk komitmen Kadin Jatim untuk membantu menggerakkan kembali ekonomi Jatim yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

"Pameran ini kami harapkan mampu secara konkret mendukung konsep Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI), yang diresmikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada 14 Mei 2020 lalu," tegas Adik saat pembukaan pameran INAPRO Expo 2020 di Grand City Surabaya, Kamis (19/11/2020).

INAPRO Expo 2020 diikuti 200 pelaku usaha UKM/IKM unggulan Jawa Timur dengan 127 stand pameran. Dengan kategori produk pameran, Fashion, Craft, Accessories, Furniture, Food & Beverages, Agriculture, dan lainnya.

Dalam pameran ini juga digelar beberapa kegiatan pendukung, di antaranya Jatim Travel Mart dan FAM Trip Buyer Meet Seller, yang telah berlangsung sejak tanggal 17 November 2020, diikuti oleh 30 Buyer dari beberapa Provinsi di Indonesia yang melakukan transaksi dalam rangka mendorong Pemulihan Ekonomi di sektor pariwisata.

Adik berharap, pameran ini akan memberi sentimen positif dalam rangka memperkuat potensi ekonomi domestik. Serta mendorong konsumsi masyarakat, khususnya terhadap produk-produk lokal.

Ia juga berharap INAPRO Expo 2020 dapat menjadi langkah awal dalam memulai Pemulihan Ekonomi Nasional, khususnya di Jawa Timur, dan dapat menjadi kalender kegiatan tahunan.

"Kadin Jawa Timur optimistis terhadap prospek pemulihan ekonomi ke depan. Karena jika kita lihat data triwulan ke triwulan, ekonomi Jatim sudah tumbuh 5,89 persen pada triwulan III/2020 jika dibandingkan dengan triwulan II/2020," tambahnya.

"Untuk itu, UMKM sebagai bagian dari sektor ekonomi yang berkontribusi besar terhadap kinerja ekonomi Jatim harus mendapat perhatian utama untuk mewujudkan pemulihan ekonomi yang tepat dan inklusif. Karena UMKM menyumbang 54 persen PDRB Jawa Timur yang jumlahnya Rp 551 triliun. UMKM juga menyerap sekitar 90 persen dari total 22,2 juta angkatan kerja di Jawa Timur," tegasnya.

Lanjut Adik, bahwa Kadin Jatim selama ini juga telah menginisiasi sejumlah program untuk memulihkan ekonomi nasional, khususnya di Jawa Timur. "Ini penting dilakukan karena Provinsi Jawa Timur telah berperan sebagai Center of Gravity atau sebagai pusat logistik dan perdagangan nasional serta HUB untuk Kawasan Indonesia Timur. Upaya tersebut sejalan dengan program Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yakni Jatim Akses yang mendukung jalannya Pepres 80/2019 untuk mengatur percepatan pembangunan ekonomi di wilayah Jawa Timur. Sehingga pemulihan ekonomi khususnya di Provinsi Jawa Timur, dapat segera pulih dan bangkit kembali," urai Adik.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan penandatanganan kerja sama antara Kadin Jatim dengan provinsi Jatim tentang pengembangan ekonomi Jatim.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menegaskan bahwa penguatan pasar dalam negeri melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia menjadi sebuah keniscayaan di tengah kondisi ekonomi yang tidak stabil akibat hantaman pandemi Covid-19.

"Energi untuk bisa bangun dan bangkit terus kita lakukan dengan berbagai penguatan dan sinergitas. Dan kali ini komandannya adalah pak Adik Dwi Putranto. Saya mengucapkan terima kasih. Kita juga beberapa kali sudah melakukan misi dagang secara virtual, dibantu Bank Indonesia, membangun komunikasi dengan berbagai diaspora di banyak negara. Ini artinya, ada semangat 45 yang terus dibangun pengusaha di seluruh Jatim," tegas Khofifah.

Khusus terkait Gerakan Bangga Buatan Indonesia, Presiden Joko Widodo telah memberikan amanat kepada seluruh Kepala Daerah menyerap produk usaha mikro khusus untuk belanja Rp 2,5 miliar ke bawah. Sedangkan belanja di atas Rp 2,5 miliar, presiden telah memberikan mandat kepada tim pengadaan barang dan jasa, baik pusat maupun daerah, juga menyerap produk usaha kecil dan menengah.

"Ini yang menjadi PR kita bersama adalah bagaimana menjadikan fitur dan aplikasi yang telah dikembangkan tersebut mudah ditemukenali dan diakses oleh pengusaha mikro kecil dan menengah," tegasnya.

Untuk penguatan UMKM, mantan Menteri Sosial tersebut meminta kepada seluruh pihak, khususnya Kadin Jatim untuk bersama-sama ikut melakukan pendampingan dan peningkatan UMKM di Jawa Timur. (nf/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...