Melalui EkraNova, Puluhan UMKM Kuliner di Jatim Unjuk Keahlian di Surabaya Suite Hotel

Melalui EkraNova, Puluhan UMKM Kuliner di Jatim Unjuk Keahlian di Surabaya Suite Hotel EkraNova (Ekonomi Kreatif dan Inovasi) 2020 yang digelar FGB bersama kulinerjatim.com, yang berlangsung di Surabaya Suites Hotel, Sabtu (17/10).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tak semua Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menyerah di tengah pandemi Covid-19. Sebagian dari mereka menerapkan strategi khusus hingga menciptakan tren baru di bisnis kuliner.

Inovasi yang dilakukan bukan saja dalam hal layanan yang mulai mengarah ke pemesanan dan pengantaran secara daring, namun juga produk. Diakui atau tidak, pelaku UMKM makanan dan minuman cukup pintar mencari celah pasar dan konsumen di tengah himpitan ekonomi akibat pandemi.

Bagaimana geliat dan kreativitas para pelaku UMKM di bidang kuliner ini, bisa dilihat secara langsung di ajang EkraNova (Ekonomi Kreatif dan Inovasi) 2020 yang digelar FGB bersama kulinerjatim.com, yang berlangsung di Surabaya Suites Hotel, Sabtu (17/10).

Ketua Panitia EkraNova 2020, Luthfi Nur Zaman mengatakan, event yang digelar secara offline dan online tersebut menjadi wadah bagi para UMKM kuliner di Jawa Timur untuk bisa naik kelas, selain karena ada review dari para pakar terhadap produk yang dihadirkan, juga digelar tiga kelas untuk pengembangan bisnis mereka. Digelar juga talkshow atau sosialisasi dari BPOM yang tentu sangat berguna bagi pelaku UMKM.

"Dengan mengikuti even ini, mereka akan secara langsung mendapatkan masukan dan pendampingan dari pakar di bidangnya terkait kebersihan, cara pengolahan, kemasan, hingga pasar. Tak hanya itu, dalam evem ini tiga kelas yang dihadirkan yakni fotografi/video produk, menembus pasar ekspor, serta kiat mengelola pelanggan," jelasnya.

Dikatakannya, EkraNova 2020 kali ini diikuti oleh sebanyak 25 pelaku UMKM produk makanan dan minuman, serta 5 pelaku UMKM di bidang kopi. Mereka adalah pelaku UMKM baik yang sudah memiliki nama dan pasar yang kuat, maupun UMKM pemula yang baru merintis usaha.

Kegiatan ini rencananya juga akan dihadiri oleh Arumi Bachsin selaku Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jatim juga Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO