120 Peserta Seleksi Kompetisi Bidang Ikuti Rapid Test Gratis di Dinkes Kediri

120 Peserta Seleksi Kompetisi Bidang Ikuti Rapid Test Gratis di Dinkes Kediri Petugas saat melaksanakan rapid test kepada peserta tes CPNS Kota Kediri. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 120 peserta tes SKB (Seleksi Kompetensi Bidang), salah satu rangkaian tes CPNS Pemkot Kediri mengikuti rapid test gratis di Dinas Kesehatan Kota Kediri, Rabu (7/10).

Tes ini bertujuan untuk membantu para peserta yang mengikuti tes CPNS pusat wilayah Kota Kediri memenuhi kelengkapan syarat peserta.

“Ini instruksi dari Bapak Wali Kota Kediri untuk membantu peserta CPNS, juga merupakan wujud layanan Pemkot Kediri untuk masyarakat,” kata Alfan Sugiyanto, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Kota Kediri.

Menurut Alfan, SKB merupakan rangkaian tes CPNS setelah peserta mengikuti SKD (Seleksi Kompetensi Dasar). Tes ini selain bertujuan untuk membantu warga Kota Kediri, sekaligus juga untuk memonitor penyebaran Covid-19.

Tak hanya peserta, pemkot juga memberi layanan rapid test gratis kepada 60 orang dari BKPPD Kota Kediri yang bertindak sebagai panitia tes CPNS.

“Tesnya masih berlangsung, sudah separuh lebih dan ditemukan satu yang reaktif dari panitia,” kata Alfan. Satu orang yang reaktif ini kemudian mengulang rapid test dengan reagan yang berbeda untuk memastikan bahwa hasil tersebut bukan reaktif palsu.

Setelah reagan berbeda, hasilnya nonreaktif. Menurut Alfan, apabila ternyata dari rapid test yang diganti reagan menunjukkan hasil reaktif, maka akan dilanjutkan swab test.

“Pemkot terus berupaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini, termasuk dengan rapid test,” tambah Alfan.

Dinkes pun terus menyerukan kepada masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan. Apabila ada acara yang mengundang banyak orang sebagaimana rangkaian tes CPNS, maka pelaksanaan protokol kesehatan tetap dilaksanakan. Bahkan perlu rapid test untuk memastikan peserta yang hadir tidak membawa virus.

“Saya lihat nama saya ada di web-nya pemkot, makanya ikut rapid test sekarang. Sangat membantu, daripada tes di luar kan harus bayar. Di sini gratis,” kata Zainal, salah satu peserta tes CPNS Kota Kediri asal Kecamatan Kota, Kota Kediri. Syarat untuk ikut rapid test ini, selain mendaftar CPNS juga ber-KTP Kota Kediri. (uji/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO