​Lestarikan Batik Sidoarjo, BHS-Taufiq Dorong UMKM dan Industri Pakai Batik Tiap Jumat

​Lestarikan Batik Sidoarjo, BHS-Taufiq Dorong UMKM dan Industri Pakai Batik Tiap Jumat MENCOBA: Cabup BHS mewarnai motif batik tulis saat mengunjungi Rumah Batik Al Huda di Sepande, Candi, Senin (5/10/2020). (foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE)

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Keberadaan batik tulis Sidoarjo mendapatkan perhatian khusus dari Paslon Bupati-Wakil Bupati Sidoarjo 2020, Bambang Haryo Soekartono-M. Taufiqulbar (BHS-Taufiq).

Paslon bernomor urut 1 dan diusung koalisi lima parpol ini menyiapkan program melindungi batik tulis Sidoarjo agar terus berkembang dan tidak punah.

"Kalau saya diamanahi sebagai bupati, saya akan buat kebijakan mewajibkan 14 ribu ASN memakai batik Sidoarjo pada hari Jumat," cetus Cabup BHS saat mengunjungi Rumah Batik Tulis Al Huda, di Perum Sidokare Sepande Kecamatan Candi, Senin (5/10/2020).

Tak hanya kalangan ASN Sidoarjo, Politikus Partai Gerindra ini juga bakal mendorong ribuan pelaku UMKM dan ratusan industri besar-menengah di Kota Delta, juga mengenakan batik tulis khas Sidoarjo.

BHS berharap dengan sejumlah upaya itu, permintaan terhadap batik tulis Sidoarjo bisa meningkat. Sebab, produk asal Sidoarjo itu akhirnya juga dipakai dan digemari warga Kota Delta. Agar batik tulis Sidoarjo tidak punah, BHS berupaya menyiapkan regenerasi pengrajin batik.

Caranya bakal meminta SMK-SMK di Sidoarjo, memiliki ekstrakurikuler membatik. Bila perlu SMP juga punya ekstra kurikuler membatik. "Sehingga ada bibit-bibit pengrajin batik," tandas Anggota DPR RI periode 2014-2019 ini.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO