Sabtu, 31 Oktober 2020 05:14

Jelang Pilkada, Eks Wali Kota Blitar, Samanhudi Mendadak Dipindah ke Lapas Sragen

Rabu, 26 Agustus 2020 16:22 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Akina Nur Alana
Jelang Pilkada, Eks Wali Kota Blitar, Samanhudi Mendadak Dipindah ke Lapas Sragen
Samanhudi Anwar saat dipindah dari Lapas Kelas II A Sidoarjo ke Lapas Kelas II B Blitar Februari lalu. (foto: ist).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Mantan Wali Kota Blitar, Samanhudi Anwar secara mendadak dipindahkan ke Lapas Sragen Jawa Tengah setelah sempat menjalani hukuman di Lapas Kelas II B Blitar. Samanhudi yang tersandung kasus korupsi proyek SMPN 3 Kota Blitar, dipindahkan pada Selasa (25/8/2020) malam.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Keamanan Lapas Kelas II B Blitar, Bambang Setiawan. "Iya, dipindah tadi malam sekitar jam delapan," ujar Bambang kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (26/8/2020).

Bambang menjelaskan, pemindahan Samanhudi merupakan instruksi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Menyusul adanya laporan dan pengaduan ke internal Kemenkumham soal Samanhudi. Namun Bambang tidak bersedia menjelaskan secara detail laporan yang dimaksud.

"Kami hanya secara teknis saja. Di luar itu kami tidak punya kewenangan lagi. Yang jelas ada tim melakukan pemeriksaan klarifikasi. Kami tidak berhak menyampaikan hasil klarifikasi dari tim ke publik," ungkapnya.

Bambang menambahkan, pemindahan ini dalam rangka pembinaan dan keamanan yang dilakukan oleh Kemenkumham. Hal ini umum terjadi bagi para binaan lapas.

"Kalau pemindahan ini untuk kepentingan pembinaan dan keamanan. Pembinaan dan keamanan sifatnya umum. Ada laporan, ditindaklanjuti kementerian," imbuhnya.

Samanhudi Anwar divonis lima tahun penjara dan pencabutan hak politiknya selama lima tahun. Usai divonis, Samanhudi sudah mengalami dua kali pemindahan.

Samanhudi pertama menghuni Lapas Kelas II A Sidoarjo, lalu dipindah ke Blitar atas permintaan keluarga pada 14 Februari 2020 lalu, hingga kemudian digeser ke Sragen.

Pemindahan Samanhudi yang secara tiba-tiba ini memunculkan spekulasi. Samanhudi dipindah menjelang agenda Pilwali Blitar 2020. Di mana anak sulung Samanhudi, Hendry Pradipta Anwar mendapatkan rekomendasi melaju di Pilwali Blitar 2020 berdampingan dengan Politikus PKB, Yasin Hermanto. Kedua paslon ini bakal menjadi pesaing paslon petahana Santoso-Tjujuk Sunarya.

Spekulasi lain yang beredar adalah adanya isu aktivitas rapat internal di dalam lapas kaitannya dengan strategi memenangkan Henry-Yasin. Namun hal itu langsung dibantah oleh pihak lapas. (ina/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Rabu, 28 Oktober 2020 10:49 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...