Minggu, 09 Agustus 2020 07:12

Silaturahim ke Ponpes Syaichona Cholil Bangkalan, Kapolda Jatim Ajak Ulama Sinergi Perangi Covid-19

Rabu, 24 Juni 2020 17:28 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Subaidah
Silaturahim ke Ponpes Syaichona Cholil Bangkalan, Kapolda Jatim Ajak Ulama Sinergi Perangi Covid-19
Irjen Pol. Dr. Mohammad Fadil Imran, Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah, Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron, K.H. Fahrillah Aschal, dan Ra Nasih Aschal Pengasuh Pondok Pesantren Syaichona Cholil Bangkalan saat melakukan foto bersama.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Dr. Mohammad Fadil Imran, S.I.K., M.Si., menghadiri pertemuan tokoh agama dan ulama NU se-Madura di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan, Rabu (24/6/2020).

Kedatangan Kapolda Jatim di Kabupaten Bangkalan itu disambut bahagia dengan dipasangkannya sorban ke lehernya dengan diiringi sholawat dari para santri.

Selain dalam maksud untuk bersilaturahim dengan para tokoh agama dan ulama, Kapolda Jatim yang baru menjabat dua bulan ini juga ingin menguatkan sinergi dengan ulama Madura untuk memerangi Covid-19.

Ia yakin, jika penyampaian edukasi terkait bahaya penularan Covid-19 dilakukan oleh kiai dan ulama, akan lebih mudah dipahami dan dimengerti oleh masyarakat.

"Insya Allah, jika penyampaian disampaikan oleh kiai, ulama, serta habib ini, masyarakat lebih mudah menerima tentang bahaya Covid-19," ujarnya.

Menurutnya, pemerintah akan kesulitan mendisiplinkan masyarakat tanpa adanya dukungan dari semua pihak khususnya ulama. Oleh sebab itu, sinergitas diperlukan. Apalagi, saat ini para santri sudah mulai kembali ke pondok pesantren. Ia berharap proses-proses itu tetap mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari penularan Covid-19.

"Sebelum kembalinya para santri ke pondok pesantren, saya sudah berdiskusi dengan para ulama agar pesantren ini bisa kembali produktif, sehingga tidak terbelenggu dari situasi pandemi Covid-19. Namun juga tidak boleh lengah. Oleh karenanya, saya bangga melihat santri yang ada di sini semuanya menggunakan masker," jelasnya.

Di akhir sambutannya, ia berujar dalam bahasa Madura yang intinya agar disiplin menerapkan protokol kesehatan, "Disiplin adalah vaksin kauleh. Selalu nganggung masker. Mari ajege jarak jek, mak semmak. Tak usah keluar roma, manabi tak penting, mator sakalangkong," ujar Kapoda Jatim menggunakan bahasa Madura.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Syaichona Cholil Bangkalan, Ra Nasih Aschal menyambut baik silaturahim yang dilakukan oleh Kapolda Jatim ke ponpes tertua di wilayah Madura ini.

Ia sepakat, bahwa mengedukasi masyarakat untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan Covid-19, juga membutuhkan peran kiai dan ulama.

"Walaupun Madura ini dikatakan masyarakatnya keras dan unik. Tetapi sekerasnya masyarakat, jika ada sentuhan dari para kiai, Insya Allah pembangunan di Madura bisa menjadi lebih baik," ujarnya.

"Harapannya, dengan adanya kunjungan dari Kapolda Jawa Timur untuk bersinergi dengan pemerintah dan ulama di Madura ini, bisa menekan angka penyebaran Covid-19 di lingkungan masyarakat. Sehingga, ikhtiar ini dapat mengubah status Jawa Timur, khususnya Kabupaten Bangkalan menjadi wilayah zona hijau," pungkasnya.

Turut hadir dalam acara ini, Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah, Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron, Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra, Komandan Kodim 0829/Bangkalan Letkol Kav. Ari Setyawan Wibowo, Pengasuh Pondok Pesantren Syaichona Cholil Bangkalan K.H. Fahrillah Aschal, beserta perwakilan 31 ulama NU se-Madura. (ida/uzi/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...