Sabtu, 06 Juni 2020 07:31

Terima BST Kemensos, Para Perantau Asal Trenggalek Merasa Diperhatikan Bupati

Selasa, 19 Mei 2020 22:36 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Herman Subagyo
Terima BST Kemensos, Para Perantau Asal Trenggalek Merasa Diperhatikan Bupati
Perbincangan Bupati Arifin dengan para perantau melalui video conference. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Guna memastikan BST (Bantuan Sosial Tunai) dari Kementerian Sosial telah diterima oleh para perantau yang tidak mudik ke Trenggalek, Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin mengajak mereka untuk berbincang langsung melalui saluran teleconference dari Smart Center Trenggalek, Selasa (19/5).

Suhardi, warga Desa Semarum, Kecamatan Durenan yang telah merantau 9 tahun di Kutaikartanegara, Kalimantan Timur mengaku sangat terbantu dengan bantuan senilai Rp 600 ribu yang telah ia terima.

"Saya menuruti aturan Pemerintah, jadi saya kemarin ikut Bantuan Perantau. Saya lihat kemarin di rekening saya di Pos Giro Mobile sudah ada tertera Rp 610 ribu untuk bulan April," kata Suhadi.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Trenggalek yang begitu peduli terhadap warga Trenggalek yang terdampak Covid-19 di perantauan.

"Kami tidak melihat berapa jumlah nominalnya, tapi ada kepedulian itu lho. Rencana saya mau pulang, tapi saya tangguhkan, kita ikuti saja aturannya," imbuhnya.

Begitu pun dengan Andik, warga Desa Suruh yang kini tengah merantau di Jakarta Timur mengaku merasa terbantu dengan adanya bantuan Rp 600 ribu dari pemerintah. Ia mengaku akan menggunakan uang tersebut untuk membayar biaya sewa tempat tinggal.

Sementara Bupati Arifin menyampaikan bahwa sesuai arahan dari Presiden Jokowi, sebelum hari raya nanti seluruh BST tersebut harus sudah tersalurkan.

Menurutnya, penyaluran BST khusus perantau ini berkat langkah inovasi yang dilakukan oleh Pemkab Trenggalek sebelumnya.

"Di Kabupaten Trenggalek ada semacam langkah inovasi, bahwa yang diusulkan di Kementerian Sosial tidak hanya masyarakat Trenggalek yang berdomisili dan bermukim di Trenggalek saja, tapi juga bagi mereka yang statusnya adalah perantau," kata Arifin.

"Dari kuota 29 ribu, yang berhasil lolos sebanyak 5.750, dan hari ini kita coba untuk dilakukan check and recheck bagaimana mekanisme yang paling efektif untuk menyalurkan bantuan bagi mereka yang ada di tanah rantau," sambungnya.

Bupati Nur Arifin menambahkan agar perantau tidak mengalami kesulitan saat mengakses aplikasi Pos Giro Mobile, maka pemkab tengah menyiapkan opsi lain pengiriman menggunakan wesel.

"Sehingga nanti akan dikabari via nomor HP bahwa dananya sudah diterima di kantor pos tempat mereka mendaftar form konfirmasi perantau yang kapan hari kita buka. Maka mereka nanti bisa mengambil di Kantor Pos terdekat," pungkasnya. (man/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...