Rabu, 16 Juni 2021 05:32

Meski Dalam Situasi Pandemi Covid-19, UTM Tetap Gelar UTBK dan SBMPTN 2020

Kamis, 14 Mei 2020 14:32 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Ahmad Fauzi
Meski Dalam Situasi Pandemi Covid-19, UTM Tetap Gelar UTBK dan SBMPTN 2020
Wakil Rektor I UTM, Dr. Deni Setya Bagus Yuherawan, S.H., M.S.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020, tetap akan dilaksanakan oleh Universitas Trunojoyo Madura (UTM) walaupun saat ini sedang terjadi wabah Covid-19. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN akan berlangsung dari tanggal 2-20 Juni 2020, sedangkan pelaksanaan ujian pada 5-12 Juli 2020, dan pengumuman penerimaan SBMPTN pada 25 Juli 2020.

Wakil Rektor I UTM Bidang Akademik, Dr. Deni Setya Bagus Yuherawan, S.H., M.S., mengatakan, pelaksanaan UTBK ini sudah menjadi kesepakatan dari seluruh PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang ada. Hal ini dilakukan dengan menyesuaikan konten dan jadwal pelaksanaan tes, sehingga dalam pelaksanaannya akan mengalami perbedaan dibandingkan dengan UTBK di tahun sebelumnya.

"Saat ini, kita sudah keterbatasan waktu, jadi UTBK tahun ini hanya ada satu jenis tes saja. Yakni, tes skolastik, sedangkan untuk tes akademik, ditiadakan," ujarnya kepada BANGSONLINE.com saat ditemui di Gedung Rektorat UTM, Kamis (14/5/2020).

Ia yakin meski tes akademik ditiadakan, tidak akan mengurangi kualitas dari calon mahasiswa itu sendiri. Pasalnya, ability seseorang bisa diketahui dari tes skolastik saja.

BACA JUGA : 

Terapkan Kampus Merdeka, Dekan Fakultas Keislaman UTM Siapkan Kerja Sama dengan 50 Mitra

Pencurian di Lingkungan UTM Marak Lagi, Mahasiswa Demo Minta Polres Bangkalan Bentuk Tim Khusus

4.266 Peserta Calon Mahasiswa Ikuti UTBK di Universitas Trunojoyo Madura

Apresiasi Prestasi Atlet, KONI Bangkalan Tanda Tangani MoU Dengan Tiga Perguruan Tinggi

"Pengamat akademik juga mengatakan kalau tes potensi skolastik lebih berpengaruh. Karena tes lebih mengutamakan karakter pribadi dan bisa digali lebih jauh lagi, sedangkan tes potensi akademik hanya mengacu pada mata pelajaran yang dipelajari saja," terangnya.

Deni berharap, walaupun masih dalam suasana pandemi Covid-19, calon mahasiswa harus tetap semangat untuk mendaftarkan diri ke PTN yang diminati. Lalu, ia mengimbau kepada mahasiswa yang mendaftar dan berdomisili di area Madura, untuk melakukan tes UTBK dan SBMPTN di Universitas Trunojoyo Madura saja.

"Bagi calon mahasiswa yang dekat dengan Madura, saya sarankan untuk ikut tes di UTM saja. Walaupun, nantinya calon mahasiswa bisa memilih sendiri di mana dia akan mendaftarkan ke perguruan tinggi lainnya. Ini demi keselamatan dalam penyebaran Covid-19," tuturnya.

Menurutnya, kualitas Universitas Trunojoyo Madura juga tidak kalah dengan universitas lainnya. Apalagi tes UTBK dan SBMPTN ini sudah menjadi seleksi nasional, sehingga soal dan pelaksaan akan sama secara nasional.

"Sedangkan bagi calon mahasiswa yang mau daftar di UTM, saya persilakan. Itu hak calon mahasiswa untuk mendaftar di PTN manapun sesuai dengan minat calon mahasiswa itu sendiri," pungkasnya. (uzi/rev/zar)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipan...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...