Jumat, 14 Agustus 2020 14:56

Meski Dalam Situasi Pandemi Covid-19, UTM Tetap Gelar UTBK dan SBMPTN 2020

Kamis, 14 Mei 2020 14:32 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Ahmad Fauzi
Meski Dalam Situasi Pandemi Covid-19, UTM Tetap Gelar UTBK dan SBMPTN 2020
Wakil Rektor I UTM, Dr. Deni Setya Bagus Yuherawan, S.H., M.S.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020, tetap akan dilaksanakan oleh Universitas Trunojoyo Madura (UTM) walaupun saat ini sedang terjadi wabah Covid-19. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN akan berlangsung dari tanggal 2-20 Juni 2020, sedangkan pelaksanaan ujian pada 5-12 Juli 2020, dan pengumuman penerimaan SBMPTN pada 25 Juli 2020.

Wakil Rektor I UTM Bidang Akademik, Dr. Deni Setya Bagus Yuherawan, S.H., M.S., mengatakan, pelaksanaan UTBK ini sudah menjadi kesepakatan dari seluruh PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang ada. Hal ini dilakukan dengan menyesuaikan konten dan jadwal pelaksanaan tes, sehingga dalam pelaksanaannya akan mengalami perbedaan dibandingkan dengan UTBK di tahun sebelumnya.

"Saat ini, kita sudah keterbatasan waktu, jadi UTBK tahun ini hanya ada satu jenis tes saja. Yakni, tes skolastik, sedangkan untuk tes akademik, ditiadakan," ujarnya kepada BANGSONLINE.com saat ditemui di Gedung Rektorat UTM, Kamis (14/5/2020).

Ia yakin meski tes akademik ditiadakan, tidak akan mengurangi kualitas dari calon mahasiswa itu sendiri. Pasalnya, ability seseorang bisa diketahui dari tes skolastik saja.

"Pengamat akademik juga mengatakan kalau tes potensi skolastik lebih berpengaruh. Karena tes lebih mengutamakan karakter pribadi dan bisa digali lebih jauh lagi, sedangkan tes potensi akademik hanya mengacu pada mata pelajaran yang dipelajari saja," terangnya.

Deni berharap, walaupun masih dalam suasana pandemi Covid-19, calon mahasiswa harus tetap semangat untuk mendaftarkan diri ke PTN yang diminati. Lalu, ia mengimbau kepada mahasiswa yang mendaftar dan berdomisili di area Madura, untuk melakukan tes UTBK dan SBMPTN di Universitas Trunojoyo Madura saja.

"Bagi calon mahasiswa yang dekat dengan Madura, saya sarankan untuk ikut tes di UTM saja. Walaupun, nantinya calon mahasiswa bisa memilih sendiri di mana dia akan mendaftarkan ke perguruan tinggi lainnya. Ini demi keselamatan dalam penyebaran Covid-19," tuturnya.

Menurutnya, kualitas Universitas Trunojoyo Madura juga tidak kalah dengan universitas lainnya. Apalagi tes UTBK dan SBMPTN ini sudah menjadi seleksi nasional, sehingga soal dan pelaksaan akan sama secara nasional.

"Sedangkan bagi calon mahasiswa yang mau daftar di UTM, saya persilakan. Itu hak calon mahasiswa untuk mendaftar di PTN manapun sesuai dengan minat calon mahasiswa itu sendiri," pungkasnya. (uzi/rev/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...