TNI di Lamongan Gelar Simulasi Penanganan Jenazah Covid-19

TNI di Lamongan Gelar Simulasi Penanganan Jenazah Covid-19 Simulasi yang dilakukan oleh TNI saat penanganan jenazah Covid-19.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Sejumlah anggota TNI di Kabupaten Lamongan, melaksanakan kegiatan latihan simulasi bersama dalam rangka penanganan jenazah Covid-19 yang digelar di Lapangan Apel Makodim 0812 Lamongan.

"Dalam latihan penanganan jenazah Covid-19 ini, kami menggunakan APD seperti sepatu bot, masker N-95, disinfektan klorin, plastik, kantong jenazah, peti jenazah, kapas dan plaster kedap air," kata Dandim 0812 Lamongan, Letkol Inf. Sidik Wiyono, S.H., M.Tr.Han., Rabu (13/5/2020).

Sidik menjelaskan, sekarang sudah ada tim gugas yang dibentuk di Kabupaten Lamongan dengan melibatkan dinas-dinas terkait, khususnya Puskesmas untuk membantu mempermudah dalam penanganan Covid-19.

“Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan bisa membantu pihak rumah sakit, jika pasien meninggal dalam skala besar, maka latihan simulasi ini sangat berguna sekali,” jelasnya.

Menurutnya, latihan ini sebagai tindak lanjut untuk membantu Pemkab Lamongan dalam pengurusan jenazah Covid-19. "Kami memang menyadari keterbatasan tenaga medis dan tenaga pemulasaraan pemakaman, maka kami siapkan personel dari anggota kami. Ketika dibutuhkan, mereka sudah siap," tuturnya.

Dia berharap, tenaga cadangan ini tak sampai dikerahkan, artinya tak ada lagi korban meninggal dunia akibat Covid-19 di Kabupaten Lamongan. "Namun bila dibutuhkan, maka personel kami sudah siap diterjunkan karena telah mendapatkan pemahaman mekanisme penanganan Covid-19," pungkasnya. (qom/zar) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO