Senin, 06 Juli 2020 01:11

Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk Diperketat, MTI Jatim: Kapal Feri Berfungsi Layaknya Jalan Tol

Minggu, 03 Mei 2020 02:48 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk Diperketat, MTI Jatim: Kapal Feri Berfungsi Layaknya Jalan Tol
Ketua MTI Jatim, Bambang Haryo Soekartono. foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Jawa Timur (Jatim) angkat bicara menyikapi pengetatan penyeberangan Ketapang-Gilimanuk akibat kebijakan larangan mudik ke Bali maupun Jawa.

Akibat kebijakan tersebut, sejumlah sopir travel dan kendaraan pribadi sempat memblokade jalan di sekitar pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi, karena tidak bisa melintas di jalur penyeberangan Ketapang-Gilimanuk, Jumat (1/5) kemarin.

Ketua MTI Jatim, Bambang Haryo Soekartono menyatakan angkutan penyeberangan (kapal feri) tidak hanya berfungsi sebagai alat angkut, namun juga sebagai infrastruktur, sama halnya dengan jalan raya, jembatan maupun jalan tol.

"Feri itu sama dengan jembatan juga jalan tol. Selain berfungsi sebagai alat transportasi juga infrastruktur. Sehingga harusnya tidak ada larangan orang untuk lewat di infrastruktur tersebut," cetusnya di BHS Centre, Jl Diponegoro Sidoarjo, Sabtu (2/5).

Menurut mantan anggota DPR RI periode 2014-2019 ini, harusnya yang dilarang itu di wilayahnya. Karena infrastruktur itu dipakai untuk semua kepentingan, tidak hanya mudik, namun juga untuk kepentingan bisnis (dunia usaha).

"Masa kendaraan pribadi tidak boleh lewat jalan tol? Kan tidak seperti itu," tanya pria yang karib dipanggil BHS ini.

Pria yang juga Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sidoarjo ini menegaskan, seharusnya pemerintah tetap membolehkan kendaraan pribadi dan kendaraan lainnya menggunakan alat penyeberangan tersebut. Namun begitu tiba di wilayah tujuan, baru diterapkan aturan terkait protokoler penanganan pandemi Covid-19.

"Jadi di wilayahnya yang dilarang, bukan infrastrukturnya. Infrastruktur tetap harus bisa digunakan," tandas BHS yang pernah bertugas sebagai Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) hingga 2014 ini.

Dalam hal ini, BHS tidak mempermasalahkan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan memperketat lalu lintas.

BHS bahkan mendukung agar pemerintah memberlakukan secara ketat PSBB di wilayah yang sudah dinyatakan zona merah Covid-19. Sehingga warga yang di dalam zona merah tidak lagi berkumpul dan berjalan-jalan.

Namun, kata alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini, hingga kini baik Ketapang Banyuwangi maupun Gilimanuk Bali sama-sama belum ditetapkan sebagai zona merah. Apalagi, setiap kendaraan yang keluar tersebut semestinya sudah melalui mekanisme pengecekan di masing-masing wilayah kota asalnya. (sta/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...