Didesa Minta Maaf ke Anggota Dewan atas Hasil Rapid Test, Begini Tanggapan Gugus Tugas Covid-19

Didesa Minta Maaf ke Anggota Dewan atas Hasil Rapid Test, Begini Tanggapan Gugus Tugas Covid-19 Agus Zain, Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Agus Zain, Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Kabupaten menyikapi pernyataan Wakil Ketua DPRD, Hosyan, yang meminta gugus tugas menyampaikan permohonan maaf, pasca mengumumkan hasil rapid test 4 anggota dewan yang positif.

Sebelumnya, Dinkes memang sempat melakukan rapid test terhadap sejumlah anggota DPRD , Rabu (22/4) lalu. Hasilnya 4 anggota dewan dinyatakan reaktif .

Agus mengatakan, sejak awal pihaknya tidak menentang hasil rapid test dengan hasil non reaktif yang dilakukan secara mandiri oleh yang bersangkutan. 

"Saya pribadi turut bersyukur, yang bersangkutan telah dinyatakan negatif setelah melakukan swab test mandiri di Surabaya. Sehingga tidak menambah pasien yang terkonfirmasi di Kabupaten ," jelasnya melalui pesan singkat kepada media, Kamis (30/4/2020).

Terkait perbedaan hasil rapid test yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) dengan RS. Siloam, menurutnya hal itu bisa terjadi karena dilakukan di waktu yang berbeda.

"Seperti yang dijelaskan oleh dr. Catur dari RSUD , bahwa hasil rapid test bukan untuk memvonis seseorang positif terpapar . Apalagi, rapid test yang dilakukan di waktu yang berbeda juga dimungkinkan hasilnya berbeda," ujarnya.

Ia menjelaskan perbedaan hasil rapid test sangat bergantung pada 2 hal. Pertama, bergantung pada kondisi imunitas seseorang. Kedua terletak pada alat yang digunakan.

Agus yang juga Kepala Diskominfo ini memastikan, bahwa alat rapid test yang digunakan pihaknya sudah mengikuti daftar Rekomendasi RDT Antibodi yang telah diperbarui pada 15 April dan dikeluarkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Nasional.

"Jadi saya kira itu penjelasan saya menyikapi hasil swab yang dilakukan oleh anggota DPRD dan dinyatakan negatif. Semoga masyarakat selalu dalam keadaan sehat," pungkasnya. (ida/uzi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO