LSM SCW Cium Aroma Pungli Dalam Penyerahan Inventaris Disdik Sumenep

SUMENEP (BangsaOnline) - Koordinator Invetigasi Sumenep Corruption Watch (SCW), Junaidi Pelor, mencium adanya aroma pungutan liar (Pungli) dalam penyerahan inventaris di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun BangsaOnline, pungutan yang dilakukan oleh salah satu oknum Disdik mecapai Rp 40.2 juta.

”Berdsarkan hasil investigasi yang kami lakukan memang seperti itu. Bahkan saat ini ada sebagian pegawas yang telah melaporkan pada kami soal adanya pungli tersebut,” kata Junaidi.

Sebagaimana kita ketahui, beberapa hari lalu, menyerahkan sebanyak 110 motor, rinciannya sebanyak 77 unit untuk tenaga pengawas, 6 unit untuk Kasubag dilingkungan Disdik dan 27 unit untuk Kepala Unit Penyelenggara Tugas (UPT) Disdik yang berada di 27 Kecamatan. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Bupati Sumenep A. Busyro Karim.

Dikatakan, pungli tersebut dilakukan dengan modus sumbangan untuk salah satu acara yang digelar oleh Disdik. Sumbangan tersebut diberikan kepala salah satu pengawas yang diduga menjadi eksekutor. Setelah uang terkumpul semua, uang tersebut dibagi rata diantara eksekutor dengan sejumlah petinggi Disdik.

”Yang kami temukan, untuk tingkat pengawas yang hendak menerima motor dimintai sumbangan Rp 360 ribu, sedangkan untuk UPT dimintai sumbangan sebesar Rp 500 ribu. Jadi ketika kami jumlahkan pungutan tersebut mencapai Rp 40,2 juta,” terangnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO