​Menkes Setujui Surabaya, SDA, Gresik PSBB, Khofifah Siapkan Sanksi Bagi Pelanggar

​Menkes Setujui Surabaya, SDA, Gresik PSBB, Khofifah Siapkan Sanksi Bagi Pelanggar Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. foto: BANGSAONLINE.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Baru sehari Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengirimkan surat pengajuan Kota , , dan , untuk ditetapkan sebagai daerah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto langsung merespons. Menkes Terawan menyetujui PSBB yang diusulkan Gubernur Khofifah.

"Setelah dilakukan kajian oleh tim teknis, kami menyetujui usulan PSBB di Kota , Kabupaten , dan Kabupaten . Jadi PSBB bisa diterapkan di sana," kata Terawan, dalam situs resmi Kemenkes, Selasa (21/4/2020).

Seperti diberitakan BANGSAONLINE.com, pada Senin (21/4/2020) Gubernur Khofifah mengajukan surat kepada Menkes agar kota dan ditetapkan sebagai PSBB.   

Keputusan PSBB itu telah disetujui Terawan pada 21 April melalui Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/Menkes/264/2020. Persetujuan ini didasari peningkatan dan persebaran kasus COVID-19 di daerah tersebut secara signifikan.

PSBB dinilai sudah harus ditetapkan dalam rangka percepatan penanganan COVID-19. Penetapan PSBB itu didasari kajian epidemiologi dan pertimbangan kesiapan daerah dalam aspek sosial, ekonomi, serta aspek lainnya oleh tim teknis.

Selain itu, pemerintah daerah setempat wajib melaksanakan PSBB dan menyosialisasi secara konsisten pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat. PSBB tersebut dilaksanakan selama masa inkubasi terpanjang dan dapat diperpanjang jika masih terbukti terdapat bukti penyebaran.

Sementara Gubernur Khofifah sebelumnya mengaku telah menyiapkan sanksi bagi masyarakat yang melanggar PSBB. "Saya tahu bahwa ada bab tentang sanksi. Saya tahu ada dua pasal. Tetapi finalnya saya minta tolong kita menunggu. Lebih baik menunggu sampai final," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, , Senin (20/4) malam.

Khofifah belum mau merinci sanksi yang akan diberikan kepada masyarakat pelanggar PSBB untuk menekan penyebaran virus corona. Ia mengaku menunggu persetujuan dari Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, sebelum menyampaikan secara utuh persiapan pihaknya melaksanakan PSBB di Raya. (tim)

Sumber: cnn/detik.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO