Rabu, 16 Juni 2021 04:16

Kepala Daerah di Blitar Raya Kompak Sumbangkan Gaji Selama Pandemi Covid-19

Minggu, 12 April 2020 18:28 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Kepala Daerah di Blitar Raya Kompak Sumbangkan Gaji Selama Pandemi Covid-19
Plt. Wali Kota Blitar Santoso saat mengecek tempat karantina bagi para pemudik.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Kepala daerah di Blitar Raya kompak menyumbangkan gaji mereka selama pandemi Corona (Covid-19). Mereka di antaranya Bupati Blitar Rijanto dan Plt. Wali Kota Blitar Santoso.

Santoso menyumbangkan gajinya untuk dibelikan sembako dan dibagikan pada warga terdampak ekonominya yang belum tersentuh program bantuan dari pemerintah.

Hal ini dilakukan mantan Sekda Kota Blitar itu, juga untuk menyentuh rasa kemanusiaan orang lain, termasuk para ASN di lingkup Pemkot Blitar, agar ikut membantu dengan menyisihkan pendapatan mereka.

"Kami melakukan berbagai upaya, baik secara kedinasan maupun pribadi. Pemkot sejauh ini sudah menyiapkan batuan berupa paket sembako, untuk sekitar 13.920 orang yang terdampak ekonominya. Seperti buruh pekerja harian, tukang becak, pedagang keliling dan PKL. Namun masih banyak yang lain yang ternyata belum ter-cover bantuan, untuk itu perlu ada upaya lain, termasuk menyumbangkan gaji sampai Kota Blitar bebas dari Corona," terangnya.

BACA JUGA : 

Balap Liar di Sekitar Bendungan Jegu, Ratusan Pemuda Diamankan Polisi

Kejar Target, Vaksinasi Covid-19 di Kota Blitar Mulai Sasar ​Masyarakat Umum

Berhenti di Traffic Light, Minibus Berpenumpang Bayi 2 Bulan Tertimpa Pohon

Ditukar dengan ATM Kosong, Sales di Blitar Kuras Uang Temannya Sendiri

Sementara di Kabupaten Blitar, Bupati Rijanto juga melakukan hal yang sama. Dia menyumbangkan gajinya selama pandemi Corona terjadi di Kabupaten Blitar. Bedanya, gaji bupati digunakan untuk membeli produk-produk UKM lokal Kabupaten Blitar. Produk itu kemudian dibagikan kembali untuk warga yang membutuhkan.

"Saya sumbangkan untuk membeli produk UKM, kemudian akan langsung diberikan kepada masyarakat yang terdampak dan membutuhkan," ujar Rijanto.

Rijanto mengatakan, upaya ini selain untuk membantu masyarakat yang terdampak, juga untuk tetap menghidupkan UKM lokal di Kabupaten Blitar.

Selain menyumbangkan gajinya, Rijanto juga menerbitkan Surat Bupati Blitar No. 518/223/409.110.4/2020 tertanggal 2 April 2020, yang ditujukan kepada seluruh Kepala OPD, camat, dan instansi lain di lingkungan Pemkab Blitar. Isinya, untuk mengurangi dampak ekonomi Covid-19 dan menggalakkan Program Ayo Bela dan Beli Produk Blitar, Bupati Rijanto memerintahkan semua ASN di seluruh OPD dan Instansi untuk membeli produk yang dihasilkan Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Blitar.

"Kami juga mengajak para ASN di lingkup Pemkab Blitar untuk ikut mengulurkan tangan. Caranya adalah dengan membeli produk UKM lokal," pungkasnya. (ina/rev)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipan...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...