Jumat, 14 Agustus 2020 17:07

Kepala Daerah di Blitar Raya Kompak Sumbangkan Gaji Selama Pandemi Covid-19

Minggu, 12 April 2020 18:28 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Kepala Daerah di Blitar Raya Kompak Sumbangkan Gaji Selama Pandemi Covid-19
Plt. Wali Kota Blitar Santoso saat mengecek tempat karantina bagi para pemudik.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Kepala daerah di Blitar Raya kompak menyumbangkan gaji mereka selama pandemi Corona (Covid-19). Mereka di antaranya Bupati Blitar Rijanto dan Plt. Wali Kota Blitar Santoso.

Santoso menyumbangkan gajinya untuk dibelikan sembako dan dibagikan pada warga terdampak ekonominya yang belum tersentuh program bantuan dari pemerintah.

Hal ini dilakukan mantan Sekda Kota Blitar itu, juga untuk menyentuh rasa kemanusiaan orang lain, termasuk para ASN di lingkup Pemkot Blitar, agar ikut membantu dengan menyisihkan pendapatan mereka.

"Kami melakukan berbagai upaya, baik secara kedinasan maupun pribadi. Pemkot sejauh ini sudah menyiapkan batuan berupa paket sembako, untuk sekitar 13.920 orang yang terdampak ekonominya. Seperti buruh pekerja harian, tukang becak, pedagang keliling dan PKL. Namun masih banyak yang lain yang ternyata belum ter-cover bantuan, untuk itu perlu ada upaya lain, termasuk menyumbangkan gaji sampai Kota Blitar bebas dari Corona," terangnya.

Sementara di Kabupaten Blitar, Bupati Rijanto juga melakukan hal yang sama. Dia menyumbangkan gajinya selama pandemi Corona terjadi di Kabupaten Blitar. Bedanya, gaji bupati digunakan untuk membeli produk-produk UKM lokal Kabupaten Blitar. Produk itu kemudian dibagikan kembali untuk warga yang membutuhkan.

"Saya sumbangkan untuk membeli produk UKM, kemudian akan langsung diberikan kepada masyarakat yang terdampak dan membutuhkan," ujar Rijanto.

Rijanto mengatakan, upaya ini selain untuk membantu masyarakat yang terdampak, juga untuk tetap menghidupkan UKM lokal di Kabupaten Blitar.

Selain menyumbangkan gajinya, Rijanto juga menerbitkan Surat Bupati Blitar No. 518/223/409.110.4/2020 tertanggal 2 April 2020, yang ditujukan kepada seluruh Kepala OPD, camat, dan instansi lain di lingkungan Pemkab Blitar. Isinya, untuk mengurangi dampak ekonomi Covid-19 dan menggalakkan Program Ayo Bela dan Beli Produk Blitar, Bupati Rijanto memerintahkan semua ASN di seluruh OPD dan Instansi untuk membeli produk yang dihasilkan Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Blitar.

"Kami juga mengajak para ASN di lingkup Pemkab Blitar untuk ikut mengulurkan tangan. Caranya adalah dengan membeli produk UKM lokal," pungkasnya. (ina/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...